Selasa, 10 April 2018

MENGENAL IKAN BARONANG DAN RAGAM MANFAATNYA

Gambar terkait

 

Ikan baronang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki warna yang menarik dan juga indah, ikan ini juga dikenal oleh banyak masyarakat dengan nama – nama yang berbeda diantaranya seperti Kea-kea, biawas, dan Samadar tergantung dengan wilayah masing – masing.

Ikan baronang ini termasuk kedalam famili signidae dengan memiliki tanda – tanda bagian tubuhnya membujur, memiliki sisik halus , dan memiliki warna yang sangat bervariasi di bagian tubuhnya. Selain itu, ikan ini memiliki sirip yang tajam dibagian punggung dan pangkal bawah, serta bagian ekor yang hampir membentuk seperti segitiga . Namun, untuk menentukan klasifikasi, taksonomi dan morfologinya dapat dilakukan berdasarkan sebagai berikut :


Klasifikasi ikan baronang


Menurut Kuiter, 1992 ikan baronang ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Teleostei

Ordo : Percoformes

Famili : Siganidae

Genus : Sigans

Spesies : S. Canaliculatus ( Park, 1797 )
 

Morfologi Ikan baronang


Menurut Woodland, 1990 ikan baronang ini memiliki bentuk morfologi sebagai berikut :

· Bentuk badan pipih, ramping, bentuk kepala cekung dibagian atas kepala.

· Sisiknya halus, dan tipis

· Punggung berwarna kecoklatan atau kehijau – hijauan, namun pada bagian perut berwmenarna keperakan.

· Bagian sirip punggung, dubur dan ekor mencapai maksimum kurang lebih 25 cm

 Hasil gambar untuk ikan baronang


Reproduksi Ikan Baronang


Ikan baronag akan melakukan reproduksi bila ikan baronang jantan mencapai ukuran 11-14 cm dan betina 13-21 cm. Dalam pemijahan ikan baronang ini sebaiknya dilakukan pada bulan Januari hingga April dan sampai pada puncaknya pada bulan Febuari sampai Maret serta pada musim kedua pada bulan Juli hingga Oktober.

Kebiasaan makan  ikan baronang


Menurut penelitian Lam, 1974 mengatakan bahwa ikan yang termasuk signidae merupakan ikan herbivora. Ikan baronang akan melakukan penyesuaian dengan morfologi mulai dari gigi dan saluran pencernaannya yaitu mulut berukuran kecil, dinding lambung tebal, usus halus panjang danmempunyai permukaan yang luas. Sehingga ikan ini termasuk pemakan tumbuh – tumbuhan.

 
Berikut beberapa jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal 

1. Siganus canaliculatus

 Hasil gambar untuk Siganus canaliculatus

Ikan baronang jenis ini memiliki tubuh yang dapat mencapai 23 cm, lebar badannya anatara 2,4 - 2,7 kali dari panjang standar dengan badan yang berbentuk oval dan menyamping. badannya berwarna kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik putih yang tersebear diseluruh tubuh.


2. Signus virgatus

Hasil gambar untuk Signus virgatus

Ikan baronang jenis ini merupakan jenis yang dikenal sebagai ilayak tembaga atau baronang emas. Panjang tubuhnya dapat mencapat lebih dari 20 cm dengan bentuk badan oval dan menyamping dengan lebar bada 1,9 - 2,2  kali dari panjang standar. Tubhnya berwarna cokelat tua kekuning-kuningan atau keemasan.


3. Siganus guttatus
 
Hasil gambar untuk Siganus guttatus
 
Baronang jenis ini mempunyai warna tubuh abu-abu kebiruan dan bagian bawahnya berwarna keperakan dengan beberapa bintik sebesar bola mata. DI bawah sirip punggung terdapat bercak bersar berwarna kuning. Bentuk tubuhnya oval menyamping dengan lebar badan antara 1,8 - 2,3 kali panjang standar. Ikan baronang siganus guttatus mempunyai 17 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keran dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur. Sirip ekornya berbentuk segi atau sabit pada ikan-ikan dewasa.


4. Siganus javus

 Hasil gambar untuk Siganus javus

Jenis ikan baronang ini mempunyai punggung berwarna perunggu gelap dan agak pucat dibagian perut, terdapat bintik-bintik biru dikepala dan sisi tubuh bagian atas. Bentuk badannya menyamping dengan lebar badan sekitar 2,0 - 2,3 kali panjang standar. Baronang ini memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur dan mempunyai 30 - 35 baris sisik antara gurat sisi dan pangkal sirip punggung.



5. Siganus vermiculatus 


 Hasil gambar untuk Siganus vermiculatus

Jenis baronang ini yang biasa disebut ilayak tutam. Tubuhnya tertutup oleh garis berkelok seperti cacing. Sirip ekornya sedikit cekung dan duri terakhir pada sirip dubur sedikit memanjang. Lebar badannya mencapai 1,9 - 2,2 kali dari panjang standar. Siganus vermiculatus memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur.


Habitat hidup ikan baronang pada umumnya dilingkungan perairan terumbu karang yang banyak tumbuhan lautnya dan di daerah padang lamun. Namun ciri-ciri khusus tersebut berbeda-beda antar spesies. Jenis Siganus canaliculatus hidup didaerah yang berumput di padalng lamun dan hutan-hutan mangrove. Jenis Siganus virgatus hidup di terumbu karang dan sekitar pantai yang payau, jenis  Siganus javus hidup di laut, perairan payau dan juga sering keluar masuk sungai, sedangkan jenis Siganus vermiculatus hidup di laut dangkal, payau dan juga sering keluar masuk sungai.


Ikan baronang termasuk penghuni musiman, yaitu jenis-jenis ikan yang hadir di padang lamun secara periodik dengan jumlah yang besar cotohnya pada jenis Siganus canaliculatus. Sebagian besar jenis Siganus sp ini hidupnya menggerombol. 


Habitat ikan baronang yang luas ini disebabkan dala kegiatan mencari makan dan berkembang biak, baronang berpindah dari satu habitat ke habitat lain. ikan ini dapat mudah beradaptasi disetiap habitat baru yang kondisi lingkungannya berbeda, sperti dari laut yang bersalinitas tinggi keperairan payau hingga ke air tawar. 


Baronang dapat mentolelir perubahan salinitas yang cukup luas, nbamun tidak dengan perubahan yang secara dratis. Baronang mentolelir setiap perubahan lingkungan habitatnya secara perlahan-lahan. Selain salinitas baronang sangat sensitif dengan perubahan oksegen dan suhu yang secara drastis. Oksigen dibawah 2,0 ppm akan membuat ikan baronang stress. Sedang kan kisaran suhu perairan ideal untuk hidup baronang ini 28 - 32 derajat celcius.

 

Kandungan didalam ikan baronang

Ikan baronang yang baik untuk di konsumsi ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk bidang kesehatan. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daging ikan baronang yaitu :

·   Protein yang bermanfaat untuk membantu menutrisi otot dalam tubuh dan meregenerasi sel – sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru.

·   Lemak yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dengan jumlah takaran 0.93 %.

·   Karbohidrat didalam ikan baronang berjumlah 4,33 % sebagai sumber energi bagi tubuh.

·   Vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

·   Vitamin B12 untuk menutrisi tubuh dari dalam.

 Hasil gambar untuk baronang bakar

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam ikan baronang. Oleh sebab itu banyak yang mempercayai ikan baronang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secukupnya. Berikut ini ulasan mengenai manfaat dari ikan baronang bagi kesehatan :

 1.Mencegah diabetes

Ikan baronang memiliki fungsi untuk mencegah diabetes secara alami. Caranya juga cukup mudah tinggal mengonsumsi daging dari ikan baronang yang telah dimasak. Cara untuk mengolah daging dari ikan baronang ini bisa sesuai dengan selera baik digoreng dan digulai. Diabetes merupakan salah satu masalah akibat kurang bekerjanya hormon insulin didalam tubuh sehingga kadar gula didalam tubuh menjadi naik.

2. Menyehatkan mata

Daging dalam ikan baronang memiliki kandungan vitamin a. Sebagaimana kita ketahui vitamin a bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata yang sehat terhindari dari rabuh jauh dan rabun dekat. Beberapa sayuran seperti rimbang dan wortel juga baik untuk menyehatkan mata karena rimbang dan wortel megandung vitamin a didalamnya.

3. Baik untuk ibu hamil

Bagi para ibu hamil manfaat ikan baronang ini juga baik untuk janin didalam perut ibu. Ini karena didalam daging ikan baronang mengandung senyawa asam amino. Asam amino pada saat janin didalm kandungan bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu asam amino juga membantu perkembangan otak janin. Bayi yang tercukupi kebutuhan asam folat didalam kandungannya menjadi bayi riang dan cerdas. Karena memang tumbuh kemabng bayi yang perlu diperhatikan tidak hanya saat bayi lahir namun juga kehidupan selama didalam kandungan ibunya. Cenderung apa yang dirasakan oleh sang ibu juga turut dirasakan oleh anaknya selama didalam kandungan. Meskipun kehidupan janin didalam kandungan hanya selama sembilan bulan. Yuk konsumsi ikan baronang untuk anak yang lebih sehat.

5. Kanker

Kanker didalam tubuh terjadi karena pertumbuhan abnormal sel – sel didalam tubuh. Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua terbanyak sesudah penyakit jantung. Penderita kanker mengetahui bahwa penyebab kanker didalam tubuh lebih disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat sama sekali. Perlu diketahui bahwa kesehatan lebih berharga daripada uang. Dengan kesehatan yang dijaga dari usia dini maka bisa menjamin kesehatan yang baik untuk usia tua nanti. Dan kabar baik dari manfaat mengkonsumsi ikan baronang adalah terhindari dari kanker yang bisa kapan saja menggerogoti tubuh Anda.
 

DAFTAR PUSTAKA


http://www.semuaikan.com/habitat-morfologi-dan-klasifikasi-ikan-baronang/

http://www.dunia-perairan.com/2017/03/ikan-baronang-siganus-sp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar