Jumat, 09 Maret 2018

MENGENAL IKAN KURISI DAN RAGAM MANFAATNYA


Hasil gambar untuk IKAN KURISI

 
Taksonomi ikan kurisi adalah sebagai berikut:

Filum                       : Chordata

Sub Filum                           : Vertebrata

Kelas                                     : Pisces

Sub Kelas                           : Teleosei

Ordo                       : Percomorphi

Sub Ordo               : Percoidae

Famili                      : Nemipteridae

Genus                                   : Nemipterus

Spesies                   : Nemipterus sp.(Bloch 1791)

Nama Inggris         : Threadfin Bream

Nama Lokal                       :  Ikan Kurisi

 
Morfologi dan Anatomi

Morfologi adalah bentuk luar suatu organisme. Morfologi merupakan salah satu ciri yang mudah dilihat dalam mempelajari organisme. Morfologi ikan sangat berhubungan dengan habitat ikan, sehingga bentuk dan bagian-bagian tubuhnya bervariasi (Nadia, 2014).

Morfologi setiap jenis ikan dapat menunjukkan kedekatan kekerabatannya. Kedekatan kekerabatan tersebutdapat dilihat dari kemiripan dan perbedaan-perbedaan karakter morfologi ikan. Karakter ikan tersebut mencakup bentuk tubuh dan semua bagian-bagian tubuh serta struktur tubuh ikan (Nadia, 2012).

Ikan kurisi memiliki bentuk tubuh compressed posisi mulut terminal, bentuk sirip ikan emarginate, posisi sirip perut terhadap sirip dada thoracic. Ikan kurisi berbadan langsing agak gepeng.Kepala tanpa duri dan bagian depannya tidak bersisik.Sirip punggung berjari-jari keras 10 dan 9 lemah.Jari-jari keras pertama dan kedua tumbuh memenjang seperti serabut, demikian juga jari-jari teratas lembaran sirip ekornya.Sirip dubur berjari-jari keras 3 dan 7 jari-jari lemah.Warna kepala dan gigir punggung kemerahan.Satu totol kuning terdapat pada awal garis rusuk. Cambuk pada sirip punggung maupun ekornya berwarna kuning.Sirip punggung abu-abu keunguan dengan warna kuning ditengah-tengahnya demikian juga sirip dubur.Sirip ekor sedikit kegelapan.Sirip perut dan dada putih sedikit kecoklatan.Ukuran ikan kurisi dapat mencapai panjang 25 cm, umumnya 12-18 cm (Rasyid, 2012)

Habitat dan Penyebaran

Ikan kurisi ditemukan pada kedalaman 100 m. Ikan ini terdapat pada lingkaran laut pada kedalaman mencakup 100-330 m. Habitatnya didaerah karang dan didaerah berbatu-batu ikan ini biasa hidup bergerombol.

Biologi dan Habitat Ikan Kurisi

Ikan Kurisi merupakan salah satu ikan demersal, kadang membentuk gerombolan. hidup terutama pada daerah perairan pantai dengan dasar lunak seperti pasir dengan sedikit lumpur. Ikan kurisi hidup didasar, karang-karang, dasar lumpur atau lumpur pasir pada kedalaman 10-50 m. Ikan ini memakan udang, kepiting, ikan kecil, gastropoda, cephalopoda, bintang laut, dan polychaeta sehingga ikan ini bersifat karnivora (Sjafei & Robiyani 2001). Organ reproduksi ikan kurisi jantan maupun betina terbentuk pada individu berlainan atau di sebut dioecious.
Dalam proses reproduksi ikan kurisi pembuahan terjadi di luar atau eksternal yaitu pembuahannya telur oleh sperma berlangsung di luar induk betina. Pola rasio kelamin ikan kurisi dengan ukuran panjang ikan, ikan kurisi digolongkan kedalam kelompok yang terdiri dari ikan betina yang matang gonad lebih awal dan biasanya akan mati duluan dari pada jantan, sehinga ikan-ikan yang besar terdiri dari ikan betina muda dan jantan yang berukuran besar menurut (Brijo & Sari 2002).

 Rasio kelamin jantan dan betina di alam bersifat relatif Effendie (2002). Perbedaan pola tingkah laku ikan jantan dan betina, perbedaan laju mortalitas dan laju pertumbuhannya sering menyimpang dari 1:1 pada kenyatannya di alam (Nasabah 1996 dalam Islmail 2006). Menurut Sentan & Tan (1975) in Brojo & Sari (2002),

ikan kurisi betina memiliki pertumbuhan lebih rendah dari pada ikan jantan setelah tahun kedua. Hal ini terjadi karena untuk mencapai matang gonad, energi yang digunakan untuk pertumbuhan gonad lebih besar dari pada untuk pertumbuhan tubuhnya. Menurut Chullasorn & Martosubroto (1986) dalam

Brojo & Sari (2002), dari beberapa penelitian ditemukan ukuran maksimum ikan kurisi betina lebih kecil dari pada ikan jantan. Pedapat lain menyebutkan sedikitnya jumlah ikan kurisi betina berukuran besar yang tertangkap, hal ini diperkirakan adanya migrasi ikan kurisi Selat Sunda untuk memijah. Perairan bagian barat Pulau Jawa diperkirakan tempat pemijahan ikan kurisi, yang dimana tempat tersebuat merupakan tempat penangkapan utama. Brojo & Sari (2002) mengatakan, beberapa ikan melakukan migrasi untuk melakukan pemijahan setelah ovarium matang yang kemudian akan kembali ke daerah asalnya setelah memijah.

Kandungan Gizi Ikan Kurisi

Hasil gambar untuk IKAN KURISI

Ikan kurisi tergolong jenis ikan yang berprotein tinggi dan rendah lemak. Ikan yang tergolong berlemak rendah dan berprotein tinggi memiliki kandungan protein 15-20% dan kandungan lemaknya kurang dari 5% (Stansby 1963). Komposisi kimia dari ikan kurisi berdasarkan penelitian sedayu (2004) kadar air 79,55% kadar abu 0,97% kadar protein 16,85% kadar lemak 2,2%.

Kadar protein pada ikan kurisi menjadi komponen terbanyak setelah kadar air, yaitu 16,85 % dari keseluruhan komposisi ikan kurisi. Dari data lain, ditemukan bahwa kadar protein pada ikan kurisi mencapai 19,66% , dan apabila dibandingkan dengan jenis ikan demersal lain memiliki kandungan protein yang tidak jauh berbeda. Bahkan jika dibandingkan dengan ikan kakap merah dan ikan kerapu, ikan kurisi memiliki kandungan protein lebih tinggi. Ikan kakap merah dan ikan kerapu merupakan jenis ikan yang harganya tergolong tinggi jika dibandingkan dengan harga ikan kurisi di pasaran. Dengan kandungan protein yang tinggi pada ikan kurisi maka dapat diketahui bahwa untuk memenuhi kebutuhan protein pada masyarakat tidak harus dengan mengkonsumsi ikan dengan harga yang terbilang tinggi.

Manfaat Ikan Kurisi

Ikan Kurisi adalah ikan laut yang seringkali bikin orang rindu karena rasanya sangat lezat. Ikan ini memiliki julukan lain, antara lain: ikan kambayan, trisi, gurisi, dan Nemipteridae. Kurisi memiliki tubuh warna putih kemerahan dengan sirip punggung yang menjulang ke atas seperti kipas.

Ikan Kurisi memiliki manfaat banyak sekali untuk kesehatan. Kandungan protein dan mineralnya melimpah. Vitamin dan asam aminonya juga banyak. Cocok untuk dijadikan menu diet sehat. Kurisi cukup susah ditemukan di pasar ikan karena ikan ini sudah mulai langka dan susah ditangkap. Namun anda sepertinya perlu mengetahui beberapa manfaat ikan Kurisi untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Mengandung Vitamin K


Vitamin K yang ada dalam ikan kurisi jika dikonsumsi manusia, berkhasiat untuk mengatur pembekuan darah normal dan mencegah pendarahan. Bersifat larut dalam lemak sehingga tubuh bisa menyimpan vitamin tersebut dalam organ hati dan juga jaringan lemak.

2. Meningkatkan Fungsi Tiroid


Tidak hanya kelenjar pineal pada remaja yang bisa terganggu, tapi fungsi tiroid pun juga dapat terpengaruh dan terjadi penurunan fungsi, gejalanya antaralain sendi terasa nyeri,kolesterol tinggi, berat badan meningkat, mudah lemas dan cepat lelah, depresi, dan penyakit jantung. Untuk itu anda perlu mengonsumsi ikan kurisi untuk solusi terbaiknya.

3. Menjaga Kesehatan Gigi


Kandungan fluoride yang terdapat pada ikan kurisi ini dapat membantu memberikan perlindungan bagi gigi anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan maupun gigi permanen orang dewasa agar terhindar dari dari pembusukan di dalam mulut.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka


Ikan kurisi mengandung protein yang bermanfaat dalam mengganti sel tubuh yang rusak dan sebagai zat pembangun. Bagian kulit yang rusak akibat luka akan segera teregenerasi dengan memperbanyak konsumsi protein. Hal ini tentu akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mengurangi Pembengkakan


Bengkak merupakan tidak normalnya suatu bagian anggota tubuh, ditandai dengan memar, berwarna kemerahan, jika dipegang pegal atau terasa sakit. Gejala seperti itu dapat dikurangi dengan mengonsumsi ikan kurisi secara teratur.

6. Manfaat Ikan Kurisi untuk Mengatasi Stroke Ringan


Stroke ringan itu terkena atau mengalami kelumpuhan pada bagian tertentu di anggota badan saja, contohnya hanya di tangan kanan, kaki kanan. Kalau belum menyeluruh akan lebih mudah proses penyembuhannya, misalnya dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur ikan kurisi, paling tidak dua kali dalam satu minggu, akan dapat membuahkan hasil.

7. Membantu Pembentukan Otot


Kandungan protein ikan kurisi tergolong cukup tinggi kadarnya, oleh karena itu dapat sebagai zat pembangun tubuh. Selain itu juga bermanfaat dalam membantu pembentukan massa otot

8. Sumber Protein


Dengan mengonsumsi ikan kurisi dapat membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh anda. Selain itu juga menambahkan energi dan stamina agar dalam menjalani aktivitas lebih bersemangat dan fit.

9. Mengandung Omega 3


Dalam bidang kesehatan, budidaya ikan kurisi dapat dipilih karena kandungan asam lemak tak jenuh atau omega 3 dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung koroner dan cacat permanen akibat stroke.

10. Mengandung Vitamin E


Kekurangan vitamin E bisa mengakibatkan kelainan yang mengganggu penyerapan lemak terutama pada bayi yang prematur dan kekurangan gizi. Namun sangat jarang terjadi karena vitamin ini banyak kita jumpai dalam makanan, terutama dalam ikan kurisi. Pada orang dewasa dapat disebabkan karena diet yang salah dalam jangka waktu lama.
 

DAFTAR PUSTAKA


https://www.scribd.com/document/332758925/Klasifikasi-Dari-Ikan-Kurisi


http://www.khasiat.co.id/ikan/kurisi.html

1 komentar: