Senin, 04 Juni 2018

MENGENAL IKAN BAWAL DAN RAGAM MANFAATNYA

 Hasil gambar untuk IKAN BAWAL

BAWAL

Pomfret
Atlantic pomfret, Brama brama
Kingdom:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Bramidae
Bonaparte, 1831
 
Ikan bawal (bahasa Inggris: pomfret) adalah sejenis ikan air tawar dari keluarga Bramidae. Ikan ini berasal dari Hawaii dan sejumlah daerah di Indonesia.
 

PENGERTIAN IKAN BAWAL

Ikan bawal adalah salah satu ikan lokal yang banyak ditemukan di Indonesia yang memiliki nama ilmiah Colossoma macropomum. Ikan bawal ini masih dalam jenis keluarga Charasidae, dengan kelas Actinopterygii yang dapat hidup diair tawar dan juga dapat hidup diair laut.
 Hasil gambar untuk IKAN BAWAL

Ikan bawal memiliki nama sebutan yang sangat beragam tergantung dengan daerah masing-masingnya, terutamanya nama ikan bawal dipasar dagangan dikenal dengan sebutan Tamaqui, red belly pacu, gamitama dan cachama.

Taksonomi

Menurut Saanin (1984), ikan bawal (Colossoma brachypomum) termasuk ke dalam Filum Chordata, Subfilum Craniata, Kelas Pisces, Subkelas Neopterigii, Ordo Cypriniformes, Subordo Cyprinoidea, Famili Characidae, dan Genus Colossoma.
 

ASAL USUL DAN LINGKUNGAN HIDUP IKAN BAWAL

Ikan bawal air tawar berasal dari Amerika Selatan yakni Brazil, Venezuela, dan Ekuador. Namun ikan ini masuk ke Indonesia dari Taiwan pada tahun 1986. Ikan bawal air tawar memiliki keunggulan yaitu selain pertumbuhannya cepat, kebutuhan akan protein dalam pakannya juga relatif rendah yaitu dengan kandungan protein 25% dalam pakan sudah dapat mendukung pertumbuhannya.

Ikan bawal diintroduksi ke Indonesia oleh PT. Cipta Mina Sentosa Jakarta pada awal tahun 1986. Pada mulanya, ikan bawal dikenal masyarakat sebagai ikan hias dan diperdagangkan di pasar-pasar tradisional ataupun pusat-pusat penjualan ikan hias. Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar dari golongan ikan neurotropik. Pertumbuhan ikan bawal relatif lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis ikan air tawar lain. Ikan bawal yang hidup di perairan alami dapat tumbuh mencapai ukuran berat 30 kg/ekor dan panjangnya sekitar 90 cm. Beberapa jenis ikan bawal yang berkembang di negara-negara asalnya adalah Colossoma spp., Milossoma spp., dan Brycon spp. Sedangkan jenis ikan bawal yang mulai berkembang di Indonesia adalah Colossoma macrophorum dan Colossoma brachypomum.
 

MORFOLOGI IKAN BAWAL


Ikan bawal memiliki bentuk tubuh menyamping berbentuk bulat atau oval, memiliki panjang dan tinggi hingga 1-2 cm bahkan lebih. Selain itu bentuh tubuh ikan bawal ini berbentuk pipih, bulat, memiliki sisik kecil dan kelapa bulat.
 
Hasil gambar untuk IKAN BAWAL
Ikan bawal ini memiliki warna kecoklatan hingga keabu-abuan, sedangkan bagian bawah memiliki warna keputihan. Memiliki sirip yang agak panjang 2-3 cm bahkan lebih tergantung dengan variatesnya, sirip ini memiliki warna keabu-abuan hingga kekuningan.

Ikan bawal juga memiliki kepala yang sangat besar hampir menyerupai ikan lohan, namun  ikan ini memiliki kepala dengan mata yang besar di bandingkan dengan ikan tersebut. Selain itu, juga memiliki mulut yang sangat besar sekitar diameter 2-3 mm.

Ikan ini juga memiliki daging yang sangat tebal hingga 1-2 bahkan lebih tergantungan pertumbuhan ikan. Ikan ini memiliki daging berwarna merah, berserabut halus, tidak amis dan juga memiliki kandungan yang besar bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kulit ikan bawal ini sangat tipis dan mudah di kelupas atau di lepas dari dagingnya.

Ikan bawal ini dapat menghasilkan produksi telur hingga 3.000 – 10.000 bahkan lebih tergantung dengan varietes dan jenis ikannya. Untuk harga perekornya atau perkilogramnya mencapai Rp 12.000- Rp 15.000 bahkan lebih.
 

KEBIASAAN MAKAN

Kebiasaan makan ikan bawal air tawar tergolong dalam kelompok ikan omnivora, tetapi ada pula yang menyebutkan bahwa ikan ini cenderung menjadi karnivora. Hal ini dapat terlihat dari bentuk giginya yang tajam. Saat masih berukuran benih, ikan ini menyukai plankton serta tumbuhan air, namun setelah dewasa, selain pakan yang disebutkan tadi, ikan ini juga memangsa hewan seperti ikan kecil, udang kecil, atau serangga air. Apabila dibudidayakan di kolam, ikan bawal air tawar dapat diberikan pakan alami dan pakan tambahan berupa pakan buatan seperti pelet.
 

PERTUMBUHAN

Pertumbuhan ikan bawal tergolong cepat dan nafsu makannya tinggi. Ikan bawal termasuk salah satu ikan yang rakus terhadap makanan tambahan. Ikan bawal yang berumur 6-7 bulan sejak telur menetas bobotnya sudah mencapai 400-500 g/ekor. Berikut ini disajikan tingkat pertumbuhan ikan bawal berdasarkan umur.
 

PERKEMBANGBIAKAN

Di alam, ikan bawal biasanya melakukan pemijahan pada awal dan selama musim hujan. Telur yang sudah dibuahi akan tenggelam dan bersifat melayang jika terkena aliran air. Selanjutnya telur yang sudah terbuahi akan mengembang 3-5 kali lipat dari diameternya. Jika suhu optimal (28-30oC), telur ikan bawal akan menetas dalam waktu 16-24 jam. Telur yang menetas akan menjadi larva, kemudian larva mencari daerah yang aman dengan air tenang agar tidak terbawa arus).

Ikan bawal sulit memijah secara alami di kolam budidaya. Hal ini karena faktor lingkungannya yang berbeda dengan sungai sebagai habitat alaminya. Pemijahan ikan bawal pada kolam budidaya dilakukan dengan kawin suntik (induce spawning). Induk ikan bawal tersebut disuntik dengan hormon, kemudian dimasukkan ke bak pemijahan dan dibiarkan memijah sendiri. Induk ikan bawal mencapai matang gonad pada umur 3 tahun. Jumlah telur yang dihasilkan induk betina bervariasi, tergantung kondisi dan ukuran tubuh induk. Saat musim hujan setiap 1 kg induk ikan bawal dapat menghasilkan telur sebanyak 100.000 butir.

 

MANFAAT IKAN BAWAL BAGI KESEHATAN


Sejumlah nutrisi yang ada di dalam ikan bawal ini, mendatangkan khasiat yang baik bagi kesehatan seperti berikut :

 Hasil gambar untuk IKAN BAWAL
 

1. Pertumbuhan Otak Anak

Salah satu zat yang mendukung untuk perkembangan otak adalah manfaat minyak ikan salah satunya berasal dari ikan bawal. Kandunganya berupa DHA dan EPA ternyata memiliki repon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak. Penelitian ini dipaparkan pada 29-30 Juni 2011 saat Kongres ISSFAL (International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids) di Stockholm.

2. Mencegah Stroke

Omega 3 juga berguna sebagai pengobatan dan pencegahan stroke. Kandungannya mampu menurunkan emulsi stroke 21% dan menurunkan keparahan stroke 50%. Dalam suatu kongres ISSFAL juga menyebutkan bahwa nutrisi asam lemak omega 3 mampu meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan syaraf. Hal ini juga dibenarkan oleh Dr. Rajiv Chowdhury, bahwa mengkonsumsi ikan dua sampai empat porsi sehari mampu menghindari resiko stroke.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kemampuan lain yang dihasilkan oleh omega 3 yakni mengurangi resiko gagal jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah penempelan bercak atau binti-bintik pada pembuluh darah. Nah disinilah asam linoleat atau lebih terkenal dengan Omega 3 dalam manfaat ikan bawal, mampu mengontrol pencegahan penempelan tersebut.

4. Mengontrol Kadar Kolesterol

Penumpukan kolesterol akibat lemak jahat yang ada pada makanan akan semakin membanyak saat anda berusia dewasa. Untuk itu perlu mengontrol dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mengikat kolesterol sehingga bisa turun. Salah satunya dengan ikan bawal yang mengandung Omega 3.

5. Menu Diet yang Pas

Bagi yang menjaga tubuh atau dalam program diet, disarankan untuk mengkonsumsi ikan bawal. Kandungan di dalam ikan bawal yang nol karbohidrat dan kalori, tidak akan mengganggu menu diet. Bahkan kaya protein yang berfungsi memperbaiki jaringan yang rusak. Lagi pula protein ikan memiliki rantai yang tidak panjang, sehingga pengolahanya dalam tubuh cepat.

6. Mengatasi Anemia

Salah satu zat yang terkandung dalam ikan Bawal adalah manfaat zat besi sebanyak 2 mg. Fungsi dari zat besi adalah untuk membantu perombakan dan pembentukan hemoglobin. Hb (hemoglobin) inilah yang menentukan kenormalan eritrosit (sel darah merah), yang sangat membantu bagi yang memiliki penyakit anemia.

7. Membantu Pertumbuhan Tinggi

Saat ini orang tua kebanyakan merangsang pertumbuhan tinggi anak, dengan diberikan supplement tambahan. Tapi akan lebih baik jika merangsangnya dengan alami. Misal member anak asupan gizi seimbang, aalah satunya dengan manfaatikan bawal. Kandungan manfaat vitamin D di dalamnya, mampu membuat anak tumbuh tinggi.

8. Memperkuat Ketahanan Tubuh

Manfaat yang dihasilkan oleh ikan bawal lainnya yakni sebagai tameng menjaga kekebalan tubuh. Kandungan kalsitriol pada vitamin D yang dihasilkan ikan bawal berfungsi untuk sistem immune modulator. Nutrisi ini cocok untuk anda yang mudah terkena virus flu, demam, batuk, pilek maupun sakit kepala.

9. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara salah satu familiar yang sulit diatasi. Untuk itu perlu dilakukan langkah pencegahan kanker ini, yakni dengan mengkonsumsi ikan bawal. Ia mampu mencegah penggandaan sel kanker dalam tubuh.

10. Menjaga Tetap Awet Muda

Meremajakan kulit agar tetap cantik dan elastis memang idaman setiap wanita. Salah satu tips adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, manfaat ikan bawal salah satunya. Dengan mengonsumsi setiap hari, maka vitamin D membantu meremajakan sel kulit, sehingga membuat sel kulit lebih sehat dan segar. Bahkan jenis vitamin D2 dan D3 mampu mengurangi resiko penyakit kulit seperti psoriasis.
 

DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar