Kamis, 17 Mei 2018

MENGENAL IKAN TAWES DAN RAGAM MANFAATNYA

Hasil gambar untuk IKAN TAWES

TAWES

Tawes
  Hasil gambar untuk IKAN TAWES
Tawes, Barbonymus gonionotus,
dari
Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya
Kingdom:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
B. gonionotus
Barbonymus gonionotus
(Bleeker, 1850)
Barbus gonionotus Bleeker, 1850
Barbus javanicus Bleeker, 1855
Barbus koilometopon Bleeker, 1857
Puntius jolamarki Smith, 1934
Puntius viehoeveri Fowler, 1943

Tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker, 1850) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan ini merupakan salah satu jenis yang penting dan populer dikembangkan dalam akuakultur sebagai ikan konsumsi. Secara alami tawes menyebar luas di Indocina dan kepulauan Sunda. Telah dibudidayakan di kolam-kolam setidaknya semenjak abad ke-19, tawes juga diintroduksi ke pulau-pulau lain; misalnya ke Sulawesi. Sementara, menurut catatan FAO, ikan ini juga diintroduksi ke Filipina (1956) dan ke India (1972).

Nama-nama lainnya, di antaranya lawak, lalawak (Mly.); turub hawu (Sd.); bale kandia' (bug.) dan tawes, badir (Jw.). Ada juga yang menyebutnya lampam jawa. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dinamai Java Barb, Silver Barb, atau juga Tawes.

DESKRIPSI

 

Hasil gambar untuk IKAN TAWES
Sungutnya mengerdil

Ikan putihan berukuran sedang, panjang total hingga 330 mm. Gurat sisi 29-31 buah. 3 – 3½ sisik antara gurat sisi dengan sirip perut. Sirip dubur dengan 6½ jari-jari bercabang.

Tinggi tubuh di awal sirip punggung 2,4-2,6 berbanding panjang standar (yakni panjang tanpa sirip ekor). Panjang kepala 4-4,3 berbanding panjang standar. Awal sirip punggung kira-kira sejajar sisik gurat sisi ke-10, di belakang awal sirip perut, dan terpisah dari ubun-ubun oleh 11 sisik. Rumus sirip punggung IV (jari-jari keras, duri).8 (jari-jari lunak); sirip dubur III.6; sirip dada I.14-15; dan sirip perut I.8. Jari-jari keras terakhir (yakni duri terbesar) sirip punggung dengan gerigi kuat di sisi belakangnya. Batang ekor dikelilingi 16 sisik.

Seekor tawes dengan panjang tubuh hingga 45 cm pernah tertangkap di sebuah waduk di Thailand.

ikan tawes adalah ikan sungai yang biasa dimakan orang di daerah asia tenggara daratan maupun kepulauan. ikan tawes tergolong ikan yang digemari sebagai konsumsi ikan goreng. ukurannya sedang dan telah dibudidayakan di kolam-kolam menurut laporan abad ke-19. menurut catatan fao, ikan ini pernah diintroduksi ke filipina (1956) dan ke india (1972).

pieter bleeker telah mengidentifikasi hewan ini pada abad ke-19 dan memberi nama berbeda untuk yang ditemukan di indocina (barbus gonionatus, dengan alternatif puntius gonionatus, barbonymus gonionatus, serta barbodes gonionatus, 1850), dan di jawa (barbus javanicus, dengan alternatif puntius javanicus, 1855). garibaldi (1996) merevisi p. gonionatus sebagai barbus gonionatus, namun kottelat (1999) merevisi kembali dengan menggabungkan kedua spesies dengan dua spesies lain sebagai satu spesies, barbonymus gonionatus. nama terakhir ini adalah nama yang dianggap valid.

EKOLOGI


Di alam, tawes ditemukan hidup di jaringan sungai dan anak-anak sungai, dataran banjir, hingga ke waduk-waduk. Agaknya ikan ini menyukai air yang diam menggenang. Tercatat pula migrasi ikan ini meski tidak terlampau jauh, yakni dari sungai besar ke anak-anak sungai, saluran, dan dataran banjir, khususnya di awal musim hujan. Penyebaran alaminya tercatat di Sungai Mekong, Chao Phraya, Semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa.

Tawes bersifat herbivora, utamanya memakan tumbuh-tumbuhan seperti Hydrilla, aneka tumbuhan air, dan daun-daunan yang terjatuh ke sungai. Meskipun demikian, tawes mau juga memangsa aneka invertebrata. Suhu air yang ideal untuk hidupnya antara 22-28 °C.

STRUKTUR MORFOLOGIS

ikan tawes (puntius javanicus) memiliki badan yang berbentuk hampir segitiga dan pipih, sisik relatif besar dengan warna keperak-perakan atau putih keabu-abuan. tinggi badan ikan tawes 1 : 2,4-2,6 kali panjang standar. mulut berbentuk runcing dan letaknya di tengah (terminal), selain itu mulut ikan tawes memiliki dua pasang sungut yang kecil. sisik ikan tawes berwarna putih keperakan. warna sisik di bagian punggung lebih gelap, sedangkan warna sisik di bagian perut lebih putih. dasar sisik berwarna kelabu sampai gelap. sirip ekor bercagak dalam dengan lobus membulat.

 Hasil gambar untuk IKAN TAWES


HABITAT IKAN TAWES (PUNTIUS JAVANICUS )

ikan tawes merupakan spesies asli indonesia yang banyak ditemukan hampir di semua perairan tawar khususnya di perairan mengalir ( lotic ). ikan tawes pertama ditemukan diperairan pulau jawa oleh karena itu ikan tawes diberi nama latin puntius javanicus. ikan tawes mulai banyak ditemukan tersebar di negara-negara asia dan mulai membentuk strain atau ras. pada awalnya ikan tawes merupakan jenis ikan liar yang hidup di sungai-sungai yang berarus deras. kemudian lama kelamaan ikan ini mulai dibudidaya dan dikembangbiakan.

ikan tawes memiliki beberapa nama daerah, yaitu putihan, bader (jawa); badir (madura); kandia, rampang (sulawesi selatan), taweh, baru (sumatera barat). dalam istilah bahasa inggris tawes dikenal sebagai java carp. di indonesia, ikan tawes banyak dibudidayakan baik di jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi, irian jaya, bali, ntb, dan ntt. ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki penyebaran sangat luas di mana ikan ini mudah ditemukan di perairan bebas di pulau jawa.

ikan tawes merupakan ikan air tawar yang mampu hidup di air payau dengan salinitas 7 per mil. oleh karena itu, ikan tawes dapat dibudidayakan di kolam budidaya, tambak, sawah, waduk, bendungan, dan perairan umum lainnya. budidaya di perairan umum dapat dilakukan dengan sistem jaring terapung dan karamba (santoso & wikatma, 2001). ikan tawes dapat hidup dengan baik pada daerah dengan ketinggian 50-800 m dpl. namun demikian, yang terbaik adalah di tempat yang tingginya 50-500 m dpl. suhu ideal untuk kehidupan ikan tawes berkisar 20-33 0 c, dengan ph air berkisar antara 6,7 – 8,6.

4 MANFAAT IKAN TAWES UNTUK KESEHATAN


Siapa sih yang tidak kenal ikan tawes? Bagi kita yang bukan penggemar ikan tawar, mungkin hal ini masih terdengar asing. Namun, bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis, ikan yang satu ini bukanlah suatu hal yang asing lagi bahkan dikenal sebagai ladang uang untuk mereka. Kok bisa? Ikan yang memiliki nama latin puntius javanicus dengan ciri badan panjang memimipih ke samping dan berwarna gelap ini bukanlah ladang yang sulit untuk dikembangkan dan memberikan kita banyak keuntungan. Bukan hanya keuntungan secara materi saja, namun juga keuntungan dari segi kesehatan.

 Gambar terkait

Ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki banyak zat yang bermanfaat untuk kita. Tinggi akan kalori, fosfor, omega 3, vitamin A, serta kalsium adalah beberapa keunggulan dari ikan tawes yang membedakannya dengan jenis ikan tawar lainnya. Wah kandungan yang sangat bermanfaat bukan? Untuk mendapatkan ikan tawes ini pun bukan suatu hal yang sulit mengingat budidayanya sudah menjadi hal yang digemari oleh orang Indonesia sehingga mudah untuk menemukannya di supermarket ataupun di pasar tradisional. Cara mengolah ikan ini pun tidak susah, bahkan bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan seperti dibakar, digoreng, ataupun diolah menjadi pepes.

1. Menunjang aktivitas sehari-hari

Manfaat ikan tawes yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan kalori kita dan pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari supaya tetap lancar dan badan tidak terasa lemas. Manfaat kalori sangat bisa didapat dari kandungan ikan tawes ini karena kalori adalah zat tertinggi yang ada pada ikan ini, lebih tepatnya 198 kalori tiap ikan. Sebaliknya, jika kebutuhan kalori kita tidak terpenuhi dalam sehari maka kita akan cenderung lemas dan mudah jatuh sakit.

2. Meminimalisir risiko osteoporosis

Tidak bisa dipungkiri jika fosfor memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dan manfaat fosfor bisa kita dapat dari ikan yang satu ini. Kandungan fosfor sebanyak 150 mg pada tiap ikan tawes sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi – alias meminimalisir terjadinya osteoporosis pada kita di kemudian hari. Fosfor adalah salah satu zat yang penting untuk menyusun struktur tulang dengan cara mengendap pada matriks tulang. Bukan hanya osteoporosis saja sebagai bentuk akibat kita kekurangan asupan fosfor, namun juga bisa dalam bentuk kerusakan gigi atau kita yang mudah terserang penyakit – alias metabolisme tubuh yang lemah.

3. Mencegah datangnya penyakit kardiovaskular

Bukanlah rahasia lagi jika manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh kita sangat beragam dan tentu saja kita ingin mendapatkan manfaat yang satu ini – dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan tawes. Asam lemak omega 3 sangatlah efektif untuk mengontrol tekanan darah dan juga mengurangi kadar trigliserida pada darah.

4. Memelihara kesehatan mata

Mata merupakan salah satu organ terpenting pada manusia dan kita perlu menjaganya dengan baik. Apa yang akan terjadi jika kita tidak bisa menjaga kesehatan mata dengan baik? Pastilah penglihatan kita akan terganggu, dan hal ini juga akan mengganggu aktivitas kita. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?
 

DAFTAR PUSTAKA






2 komentar: