Jumat, 23 November 2018

MENGENAL RAGAM IKAN LOUHAN DAN KEUNIKANNYA

Mengenal Ikan Louhan

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Berenang dalam Akuarium
Sumber: Wikimedia Commons
Secara umum, ikan louhan banyak dikenali karena jenong di kepalanya. Padahal, keunikannya tidak hanya terletak di jenong-nya itu. Ada juga hal lain yang menarik perhatian para pehobi louhan.

Hal tersebut adalah warnanya dan kemudahan dalam mengembangbiakkan. Dari warnanya, louhan memiliki banyak varian yang menarik dan cenderung berubah-ubah seiring dengan perkembangannya. Kalau kamu memeliharanya sejak kecil, kamu bisa melihat perubahan warnanya yang menarik.

Sementara dalam hal kemudahan mengembangbiakkan, ikan louhan ini termasuk dalam jenis ikan hibrida yang bisa berkembang biak dengan ikan lain selama masih berada dalam satu keluarga Cichlidae. Sehingga kamu bisa mendapatkan jenis-jenis ikan louhan yang unik dan berbeda dari yang lain.

Di sisi lain, karena ikan louhan adalah ikan hibrida, dia tidak mudah terkena penyakit. Sehingga untuk pemeliharaannya pun terhitung cukup mudah dan tidak merepotkan.

Habitat di Alam Liar

Sebenarnya jenis-jenis ikan louhan yang sudah banyak dibudidayakan itu termasuk dalam jenis ikan hibrida. Jadi, dia tidak akan bisa ditemukan dengan mudah di alam liar.

Ikan louhan pertama dibiakkan di Malaysia pada tahun 1993 dengan mengawinkan beberapa jenis ikan Cichlidae. Peternak itu merasa kagum ketika menemukan punuk di kepala ikan tersebut, kemudian menyebut ikannya dengan panggilan Karoli yang berarti kapal tempur.

Saat itu masih banyak kontroversi akan jenis ikan apa yang digunakan untuk mendapatkan ikan yang memiliki jenong itu. Tapi pada tahun 1998, garis pembiakannya pun mulai diresmikan dan ikan ini diberi nama Hua Luo Han. Sejak saat itu, kepopulerannya pun semakin meningkat dan jenis-jenisnya mulai bertambah.

Penampilan

Biasanya, ukuran maksimal ikan louhan adalah 30 hingga 40 cm. Tingkat pertumbuhannya terhitung cukup mengesankan, di mana pada tahun pertama hidupnya mereka akan tumbuh hingga 2 cm setiap bulannya.

Secara kasatmata, ikan louhan memiliki tubuh yang besar, sirip berbentuk kipas, dan punuk berwarna terang di dahinya. Meskipun ciri-cirinya kurang lebih sama, namun sangat jarang ada yang bisa menemukan jenis-jenis ikan louhan yang benar-benar terlihat identik. Bahkan jenis yang berada dalam satu spesies sekalipun.

Hal ini diakibatkan, selain perbedaan ukuran jenong, warna pada tubuh mereka biasanya akan cenderung berbeda-beda. Apalagi masing-masing ikan akan mengalami perubahan warna tubuh beberapa kali selama 8-10 tahun masa hidupnya.

Jenis-Jenis Ikan Louhan

Pada dasarnya, ada tujuh jenis ikan louhan yang terkenal di Indonesia. Namun sebenarnya, jenis-jenis ikan louhan yang bisa kamu pelihara di rumahmu lebih banyak lagi, lho! Di antaranya:

1. Cencu

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Cencu
Sumber: Instagram – flowerhorns_
Ikan louhan cencu atau zhen zhu ini merupakan salah satu jenis paling populer di Indonesia. Ia memiliki ciri khas berupa bintik-bintik putih keabuan mirip mutiara pada tubuhnya, hingga akhirnya banyak orang yang menyebutnya dengan ikan louhan mutiara.
Selain bintik-bintik mutiara, ciri khas lainnya yaitu memiliki dua warna berbeda pada tubuhnya. Pada bagian kepala hingga pertengahan tubuhnya berwarna merah, sedangkan bagian tengah hingga ekornya berwarna kuning keemasan.
Ia juga memiliki dua jenis yaitu klasik dan modern, yang dibedakan berdasarkan motif mutiara dan warna dominan yang ada di tubuhnya. Pada jenis yang klasik, tubuhnya lebih berwarna dominan merah dan mutiaranya terlihat lebih sedikit. Sementara jenis yang modern, mutiara tubuhnya terlihat lebih banyak dan ukuran tubuhnya juga lebih besar daripada yang klasik.
Sayangnya, anakan jenis ini belum terlihat bagus. Namun, kalau ukurannya sudah besar maka akan terlihat sangat cantik di dalam akuarium.
Terkait

2. Golden Red

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Golden Red
Sumber: Wikimedia Commons
Kalau kamu mencari jenis ikan louhan termahal dan tercantik di dunia, golden red ini adalah jawabannya. Spesies yang termasuk langka ini memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah mutiara yang ada di tubuhnya terlihat begitu cantik dan tidak dimiliki jenis-jenis ikan louhan lainnya.
Sebenarnya, jenis yang satu ini berasal dari Thailand. Namun tenang saja, sekarang kamu sudah bisa menemukannya dengan mudah di penjual-penjual ikan yang ada di Indonesia.
Sesuai dengan namanya, ia memiliki perpaduan antara warna merah dan emas. Namun, perpaduan tersebut baru akan terlihat ketika sudah dewasa, pada anakannya belum akan begitu terlihat.
Seiring dengan berjalannya waktu, sisiknya akan mengalami perubahan akibat adanya penambahan hormon kulit dan menjadikan warnanya terlihat semakin sempurna. Keunikan, keistimewaan, dan kelangkaan itulah yang yang menjadikan jenis ikan louhan yang satu ini harganya mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

3. Kamfa

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Kamfa
Sumber: Wikimedia Commons
Jenis ikan louhan kamfa ini juga termasuk yang banyak dijual di Indonesia dan banyak diminati. Meskipun warna sisiknya lumayan kalem, tapi bentuk bintiknya terlihat sangat cantik dan mirip bunga. Oleh karenanya ia kerap disebut dengan golden flower.

Ciri lainnya adalah terdapat bintik putih di bagian ekor dan siripnya. Kemudian, terdapat bintik hitam besar pada tubuhnya yang terlihat lebih rapi dibandingkan pada jenis-jenis ikan louhan lainnya. Selain itu, karakteristik utamanya adalah matanya yang cekung dan berwarna putih atau kuning.

Sebenarnya, kamfa memiliki ciri khas yang mirip dengan cencu. Yang membedakan keduanya adalah kamfa memiliki pipi yang tidak tembem dan tidak tebal, juga kepalanya jauh lebih ramping.

4. Bonsai

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Bonsai
Sumber: Monster Fish Keepers
Seperti halnya namanya, jenis bonsai ini memiliki ukuran tubuh yang tidak besar layaknya ikan louhan pada umumnya. Bonsai dewasa besarnya hanya setengah dari jenis-jenis ikan louhan lainnya.

Meskipun berbadan kecil, jenis bonsai ini memiliki kepala yang cukup besar. Karena keunikan dan kelangkaan tersebut, ia menjadi banyak dicari oleh pehobi ikan. Apalagi ia tidak memiliki sifat yang agresif, sehingga orang-orang pun bisa lebih menikmati keindahannya di akuarium.

Jenis bonsai sendiri cukup bermacam-macam dan biasanya digolongkan berdasarkan warnanya. Beberapa di antaranya yang banyak dikenal di Indonesia adalah bonsai super red dan bonsai kemalau.

5. Super Red Dragon (SRD)

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Super Red Dragon
Sumber: Instagram – azimfishfarm
Bisa dibilang super red dragon (srd) ini adalah jenis-jenis ikan louhan yang paling populer dan banyak dicari. Hal ini dikarenakan ia termasuk dalam ikan louhan yang memiliki jenong paling besar dibandingkan jenis lainnya.

Bahkan, ketenarannya tidak hanya terbatas di Indonesia saja. Namun, termasuk di seluruh negara yang ada di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan lain-lain.
Yang menjadi ciri khas dan keunikannya adalah warna matanya yang merah pekat dan pada bagian tengahnya berwarna hitam. Semakin merah warna matanya, maka akan semakin mahal pula harganya.

6. Super Red Synspilum (SRS)

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Super Red Synspilum
Sumber: Wikimedia Commons
sebenarnya ada beberapa jenis-jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand, salah satunya adalah super red synspilum (srs) ini. Oleh karenanya, ia seringkali disebut sebagai kamfa thailand.

Keindahannya terlihat dari kombinasi warna sempurna antara merah bata dan oranye di tubuhnya. Diikuti dengan ciri khas tubuhnya yang biasanya tidak memiliki bintik-bintik, menjadikannya semakin banyak diminati sebagai koleksi.

Selain keindahan tubuhnya, jenis super red synspillum ini juga banyak disukai karena daya tahan tubuhnya yang cukup tinggi. Ia tidak mudah terkena penyakit dan mampu bertahan hidup lebih lama daripada ikan louhan lainnya.

7. Golden Base

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Goldenbase
Sumber: Wikimedia Commons
Tidak mau kalah dengan jenis super red synspillum, si golden base ini juga memiliki warna yang cantik dan harga yang tidak murah. Ciri khasnya memiliki warna merah agak keemasan dan tidak memiliki bintik hitam di tubuhnya. Perpaduan warna kuning dan kemerahan pada hampir seluruh bagian tubuhnya, menjadikan ikan ini sangat menarik untuk dikoleksi.

Secara umum, bentuk tubuhnya hampir sama dengan jenis-jenis ikan louhan yang lainnya. Yang membedakannya hanyalah warnanya yang jauh lebih merata dan tidak adanya bintik hitam.

Hal tersebut menjadikan golden base terlihat sangat kontras jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, mungkin akan terlihat sangat aneh bagi sebagian orang. Padahal justru keunikannya itulah yang menjadikan golden base banyak diburu oleh para pecinta ikan hias.

8. Kemalau

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Kemalau
Sumber: Wikimedia Commons
Ikan louhan ini tak kalah unik dan cantik dibandingkan jenis lainnya. Sayang sekali keberadaannya sudah langka. Padahal sebenarnya peminatnya ada banyak sekali. Hingga akhirnya jika ada yang menjual, menjadikan harganya sangat tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Ciri khas dari kemalau adalah memiliki corak mutiara yang membentang di tubuhnya dari kepala sampai ke ekor. Warnanya pun juga menunjukkan kombinasi yang menarik, yakni jenong dan kepalanya berwarna merah tua sementara tubuh hingga ekornya berwarna merah muda.

Menariknya, mutiara yang ada di tubuhnya itu biasanya belum terlihat ketika masih kecil. Nantinya, ketika ukurannya sudah bertambah besar hingga 5-6 cm, barulah mutiaranya mulai bermunculan. Mutiara tersebut akan muncul secara menyeluruh hingga kepala ketika ukurannya 8-9 cm.

9. Super Red Texas (SRT)

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Super Red Texas
Sumber: Wikimedia Commons
Jangan sampai terkecoh, meskipun namanya adalah super red texas, ternyata jenis ini termasuk dalam jenis-jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand, lho. Ia diberi nama super red texas karena merupakan hasil persilangan antara ikan louhan texas cichlid abu-abu dengan golden red.

Hal tersebut menjadikan super red texas memiliki ciri khas dari kedua indukannya. Yakni memiliki warna dasar merah terang dan pola-pola bintik dari kepala hingga ekor yang menyerupai buah stroberi.

Jenis corak mutiara yang terlihat di tubuh super red texas ini ternyata ada beberapa tipe. Mulai dari mutiara pasir, mutiara rintik, atau bintik, dan mutiara kasar. Coraknya yang cukup berbeda tersebut menjadikannya semakin populer dan banyak diminati.

10. Strom

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Strom
Sumber: Monster Fish Keepers
Bisa dibilang, jenis ikan louhan strom ini masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini karena ia merupakan hasil budidaya para pecinta ikan louhan di Thailand.

Meskipun terhitung cukup langka, namun banyak orang yang mulai tertarik padanya karena warnanya yang cantik dan menarik. Strom ini memiliki tiga corak warna yaitu merah, biru, dan silver di tubuhnya.

Keunikan lainnya adalah bentuk corak hitam dan mutiara yang ada di tubuhnya. Corak hitamnya membentuk horisontal lurus, sementara mutiaranya memiliki ukuran yang cukup besar.

11. Rainbow King

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Rainbow King
Sumber: Flowerhorn Fish Craze
Seperti namanya, rainbow king memiliki warna tubuh yang beragam seperti pelangi. Setidaknya ada lima warna yang bisa terlihat pada tubuhnya.

Keunikan warnanya tersebut menjadikan rainbow king banyak dicari dan memiliki harga jual yang tinggi. Bahkan, keindahannya yang memesona itu membuatnya banyak menjuarai kontes internasional.

Sayangnya, karena banyak diminati dan sering memenangkan kontes, ada beberapa pembudidaya nakal yang bermain curang. Mereka mengaku menjual rainbow king, tapi ternyata yang ditawarkan adalah kamfa. Oleh karena itu, kamu harus mengamati dengan seksama dan lebih berhati-hati jika ingin membeli ikan ini.

12. Super Red Monkey

Jenis-Jenis Ikan Louhan - Ikan Louhan Super Red Monkey
Sumber: Aquatic World Center
Jenis-jenis ikan louhan terakhir yang diminati di Indonesia adalah super red monkey. Ia memiliki ciri berwarna merah terang dengan sedikit atau bahkan tidak ada corak mutiara pada tubuhnya.

Banyak sekali orang yang berminat memeliharanya, karena warna merah terang yang terdapat di tubuhnya itu dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Bahkan, harga ikan louhan super red monkey yang terhitung tinggi pun tidak menghalangi niat para pehobi untuk memilikinya.

Secara fisik, super red monkey memiliki karakteristik seperti halnya kamfa. Yang membedakan keduanya adalah super red monkey memiliki warna merah yang sangat pekat.


SUMBER PUSTAKA

 https://www.kepogaul.com/hewan/jenis-jenis-ikan-louhan/


1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus