Jumat, 16 Agustus 2019

MENGENAL RAGAM IKAN KOMET DAN KEUNIKANNYA

Jenis ikan hias air tawar komet indah dan bagus 

Ikan hias komet adalah ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas. Kombinasi antara warna merah menyala dan warna putih mengkilap ini memberikan kesan seperti ikan koi karena memang keduanya masih dalam satu fmily cyprinidae.

Salah satu keistimewaan ikan komet adalah warnanya. Umumnya slayer putih ikan komet ini memiliki dua warna. Warna putih  perak umumnya menjadi warna dasar dan warna merah seperti menempel di bagian-bagian tertentu pada tubuhnya dengan pola yang indah dan menarik.

Terkadang warna merah melekat pada bagian punggung, dan tidak jarang juga di jumpai di bagian bawah tubuhnya, yang pasti kedua warna itu akan selalu mempercantik tubuh ikan komet, pola pada tubuh ikan komet terbentuk secara alami dan tidak teratur.

Ikan komet ini juga termasuk dalam ikan hias yang populer di indonesia. Nama ilmiah dari ikan komet ini adalah carrasius auratus. Hewan air ini juga masuk dalam jenis ikan air tawar.

Ikan komet ini mempunyai ukuran yang sama dengan ikan mas hal tersebut dikarenakan ikan komet ini merupakan 1 keluarga dengan ikan mas. Banyak yang memelihara ikan ini karena ikan ini termasuk mudah untuk memeliharanya dan tidak perlu perawatan khusus.
ikan komet

Ikan Komet
Ikan komet ini sebenarnya masuk dalam jenis ikan hias air tawar. Ikan komet sendiri mempunyai ukuran tubuh yang mirip dengan ikan koi. Ikan komet juga tidak kalah populer dengan ikan koi karena ikan komet ini mempunyai banyak penggemarnya.
Semakin banyaknya penggemar ikan komet ini menjadikan ikan komet ini menjadi komoditas yang sangat tinggi dikalangan pembudidaya ikan hias. Kecantikan ikan komet ini adalah pada ekor atau siripnya yang panjang dan corak warna yang unik menjadikan ikan komet ini menjadi mudah untuk terkenal dikalangan jenis ikan hias lainnya.
Pemberian nama ikan komet sendiri sebenarnya berasal dari nama sebuah benda angkasa yang bernama komet halley. Ikan komet ini termasuk ikan hias yang lumayan sulit untuk dipelihara karena untuk bertahan hidup ikan ini membutuhkan air yang mempunyai kualitas dan kuantitas yang sangat baik.
Jenis Ikan Komet
1. Ikan Komet Slayer
ikan komet

Ikan komet slayer ini merupakan jenis ikan komet yang sangat populer. Warna ikan komet slayer ini adalah merah di seluruh tubuhnya sampai ke sirip dan ekornya, hal tersebut yang membuat ikan komet ini juga dinamai dengan ikan komet merah slayer, Namun ikan komet slayer ini juga ada yang berwarna orange. Jenis ini juga termasuk dalam ikan komet ekor panjang.
Ikan komet jenis ini termasuk dalam ikan komet yang kecil daripada jenis ikan komet lainnya. Keunikan dari ikan komet slayer ini adalah ekornya yang panjang dan menjuntai. Harga ikan komet slayer sendiri berikasr Rp. 5.000 untuk ukuran kecil dan untuk harga ikan komet dewasa untuk jenis slayer ini mencapai Rp. 30.000
2. Ikan Komet Sara
ikan komet

Ikan komet sara ini masuk dalam kategori ikan komet double tail, pada jenis ikan komet ini warna yang dominan adalah putih dan ada warna merah di bagian atas kepala dari ikan ini dan hal tersebutlah yang membuat ikan ini unik.
Untuk harga dari ikan komet sara ini berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000 untuk yang berukuran dewasa.
3. Ikan Komet Hitam Putih
ikan komet

Ikan komet selanjutnya adalah ikan komet hitam putih dengan namanya tersebut sudah pasti ikan ini mempunyai warna dominan hitam dan putih. Ikan komet ini juga termasuk dalam kategori ikan komet double tail loh, keindahan dari ikan komet hitam putih ini bisa kamu lihat dari atas saat ikan komet ini berenang di kolam.
Harga dari ikan komet hitam putih ini termasuk mahal loh untuk ikan komet hitam putih yang berukuran kecil harganya mencapai Rp. 10.000 dan untuk yang berukuran dewasa mencapai Rp. 40.000.
4. Ikan Komet Harimau
ikan komet
Ikan komet jenis ini dinamai ikan komet harimau bukan karena ikan komet ini galak atau buas namun ikan komet harimau ini mempunyai keunikan corak warnanya yang seperti harimau yaitu belang dengan warna putih dan kuning. Ikan jenis ini juga menjadi primadona untuk ikan komet sendiri loh.
Harga ikan komet harimau ini juga berbeda dengan ikan jenis lainnya karena ikan komet harimau ini sangat mahal dan ikan ini termasuk dalam ikan komet termahal karena susah sekali untuk mencarinya di pasar - pasar ikan.
5. Ikan Komet Hitam
ikan komet

Ikan komet hitam ini mempunyai keunikan sendiri yaitu pada tubuh ikan komet ini berwarna hitam pekat hingga perutnya dan sampai ke sirip dan ekor ikan ini berwarna hitam. Jadi kalo kamu menyukai warna hitam kamu bisa membeli ikan komet jenis ini.

Untuk harga ikan komet hitam ini termasuk terjangkau karena untuk yang berukuran kecil harganya berkisar Rp. 10.000 sampai yang dewasa mencapai Rp. 40.000.

6. Ikan Komet Rain Garden


ikan komet


Ikan komet rain garden ini mempunyai keunikan warna yaitu berwarna putih di sekujur tubuhnya dan sering dikatakan juga sebagai ikan komet albino. Keunikan ikan komet garden ini bukan hanya dari warnanya yang putih tapi ditambah dengan jenis ikan ini yang termasuk double tail ikan ini bisa masuk dalam golongan ikan hias air tawar tercantik.

7. Ikan Komet Tancho

ikan komet

Ini dia jenis ikan komet yang mempunyai ekor tunggal, ikan komet tancho ini mempunyai warna dominan putih dan adanya corak warna merah diatas kepala ikan komet tancho ini.

8. Ikan Komet Sarasa


Ikan komet sarasa ini mempunyai kemiripan corak warna dengan ikan koi kohaku. Ikan komet sarasa ini juga sebagai pelampiasan para penghobi ikan koi kohaku yang tidak bisa membelinya karena ikan komet sarasa ini mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan ikan koi kohaku. Dengan corak yang seperti ikan koi kohaku dan ekor dan sirip panjang khas ikan komet membuat ikan komet jenis sarasa ini menjadi ikan komet cantik.

Cara Merawat Ikan Komet

Merawat ikan komet ini lumayan sulit karena ikan komet ini sangat sensitif dalam hal air jika air yang digunakan mempunyai kualitas dan kuantitas yang buruk ikan komet ini bisa saja stress dan mudah mati. Jadi jika kamu ingin memelihara ikan ini kamu harus memulai dengan memberi filter dan aerasi pada akuarium ikan komet kamu untuk menjaga kualitas dan kuantitas air tetap bagus.
Kamu juga bisa memberikan berbagai pernak pernik untuk akuarium kamu atau kamu ingin membangun aquascape di akuarium ikan komet kamu, hal itu tidak akan mengganggu pergerakan dari ikan komet ini karena ikan komet ini termasuk dalam hewan air yang handal dalam pergerakannya di air berbeda dengan ikan hias seperti ikan arwana.
Walaupun sudah ada filter dan aerasi pada akuarium kamu sebaiknya kamu juga sering membersihkan akuarium ikan komet kamu secara berkala minimal 2 minggu sekali untuk menjaga aquarium kamu tetap bersih dari bakteri.
Untuk makanan ikan komet ini kamu bisa memberikan pelet ikan, namun jika kamu ingin memberikan protein yang cukup kamu bisa memberikan jentik nyamuk, cacing, dan udang kecil. Perlu kamu ketahui ikan komet ini termasuk dalam ikan omnivora loh jadi ikan komet ini juga menggemari tumbuh - tumbuhan seperti brokoli, alga, dan selada.
Kamu harus berhati - hati dalam merawat ikan komet ini karena ikan komet ini mudah untuk terserang penyakit seperti terinveksi virus, bakteri, dan juga jamur yang bisa menghambat pergerakan ikan dan mengakibatkan ikan komet kamu stress.

Harga Ikan Komet


Jenis Ikan Komet

Harga

Harga Ikan Komet Merah Hitam Rp 20.000
Harga Ikan Komet Common Rp 15.000
Harga Ikan Komet Marigold Rp 20.000
Harga Ikan Komet Shubukin  Rp 25.000
Harga Ikan Komet Tancho Rp 35.000
Harga Ikan Komet Calico Rp 35.000




Keunikan Ikan komet
Tema-teman tentu saja pernah melihan ikan komet. Ikan komet yang memiliki sebutan latin Carrassius Auratus merupakan jenis ikan hias yang memiliki banyak penggemar. Mengapa?  Tentu saja karena ikan komet ini memiliki fisik yang ramping dengan warna perak mengkilap berwarna putih dan merah cerah. Ikan cantik ini memiliki ekor panjang yang terus melambai lambai saat berenang. Keindahan ikan ini membuat para pecinta ikan hias berhasrat ingin memelihara dan mengembangkan ikan jenis ini.

Disaat masih muda, ekor ikan komet tidaklah terlalu lebar. Seiring ikan ini tumbuh menjadi dewasa, ia memiliki ekor yang semakin lebar, hal ini yang membuatnya nampak sangat anggun. Untuk merawat jenis ikan hias ini tentu tidak sulit, ikan komet tidaklah rewel. Ikan komet ini dapat di budidayakan di kolam tanpa perlakuan khusus. Sulitkan makanannya? Tidak, makanannya cukup dedak (dari hasil penggilingan beras) yang ditaburkan setiap hari, pagi dan sore. Secara spesies, Ikan hias jenis komet masih satu keluarga dengan ikan mas yang berasal dari Jepang. Ikan jenis ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an.

Sumber :
 https://bukubiruku.com/jenis-ikan-hias-air-tawar-aquarium/
 https://hewanairinfo.blogspot.com/2019/07/ikan-komet.html
 https://tamanair.net/keunikan-ikan-komet-ikan-oskar-dan-ikan-neon-tetra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar