Kamis, 05 September 2019

MENGENAL RAGAM IKAN KUMPAI DAN KEUNIKANNYA



Jenis ikan hias air tawar kumpai cantik
Ikan hias kumpai merupakan ikan hias yang masuk dalam daftar jenis ikan hias air tawar yang mudah di pelihara. Ciri signifikan dari ikan kumpai adalah seluruh siripnya berumbai dan panjang sehingga tampak lebih indah dan menarik ketika sedang bergerak. Pilihan warna ikan kumpai banyak variasi ada yang kuning, merah, putih, dan hijau gelap. Dari bentuk bandanna memanjang seperti ikan mas sinyoya. Pertumbuhan ikan hias kumpai tergolong lambat. Kadang ikan hias air tawar kumpai ini juga dimanfaatkan sebagai ikan untuk di makan.

Bersih dan terjaganya air di Indonesia membuat perkembangbiakan ikan mas melesat setiap tahunnya. Disisi lain ragam ikan mas juga banyak sekali, mulai dari segi warna dan ukuran ikan. Fungsinya ada 2 yaitu, ikan air tawar hias dan konsumsi.

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang digemari adalah jenis ikan mas. Meskipun masih banyak  sekali jenis ikan mas di Indonesia. Oleh karena itu, dikesempatan kali ini akan dibahas ikan mas kumpai lengkap beserta harga ikan mas.
Hampir di semua daerah, orang sudah pernah melihat ikan ini. Menutut nama latin ikan mas kumpay adalah Cyprinus Carpio . Dimana ikan masih tergolong dalam ordo Cypriniformes dan kindom Animalia. 
Selain itu, ikan kumpay juga sering digunakan untuk menghiasi ruangan yang masih luas dan kosong. Hanya dengan menyediakan aquarium kaca sekitar 1 meter Anda sudah bisa memelihara dan menikmati keindahan ikan air tawar.
Asal Ikan Mas Kumpay
jenis-ikan-mas-kumpay 

Sedikit membahas sejarah ikan kumpay di Indonesia. Faktanya, ikan kumpai sudah dipelihara oleh masyarakat Indonesia sekitar tahun 1920-an. Awalnya ikan mas ini dibawa dari negara Cina, Eropa, Jepang, dan Taiwan. Di negara tersebut juga budidaya ikan mas masih terjaga, sehingga jauh dari kata kepunahan.
Persebaran jenis ikan mas aquarium di Indonesia juga belum tersebar secara merata. Melainkan hanya beberapa pulau dan daerah. Nah, salah satu pulau yang menjadi pembudidaya ikan mas kumpay pertama adalah Sumatra.
Dari data yang diambil, penyebaran ikan mas di Sumatra sudah berawal dari tahun 1892. Disana masyarakat sangat antusias untuk sekedar memelihara atau budidaya ikan mas. Setelah 3 tahun lamanya, persebaran sudah menjangkau pulau Sulawesi, untuk lebih tepatnya daerah Minahasa, Sulawesi Utara.
Di Pulau Jawa sendiri persebaran tergolong telat dibanding dengan daerah lainnya. Meski tidak telalu jauh jarak antara daerah satu dengan daerah lainnya. Ikan mas mulai memasuki pulai Jawa sekitar abada 20. Berbeda dengan daerah Bali yang sudah dibudidayakan pada tahun 1903 di Tabanan.

Habitat Ikan Mas
asal-ikan-mas-kumpay 

Banyaknya penggemar ikan membuat orang berlomba-lomba untuk budidaya ikan mas ini. Mereka mencari tahu, bagaimana ikan mas hidup dengan baik sehingga kandungan ikan mas sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Ikan hias air tawar ini sering hidup di daerah sedang, dengan kata lain tidak di daerah pegunungan atau pesisir pantai. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk hidup di kedua daerah tersebut.
Jika dilihat dari ketinggian tempat , ikan kumpay akan baik berkembang dan dibudidayakan pada ketinggian 150-600 mdpl. Daerah yang memiliki ketinggian tersebut tidaklah terlalu panas atau dingin hanya berkisar sushu 25 – 30 °C. Meski tergolong ke dalam ikan hias air tawar, jenis ini juga ditemukan di perairan payau yang mengandung salinitas 25-30%.
Makanan Ikan Kumpai
makanan-ikan-mas-kumpay-terbaru 

Sebelum mengetahui cara budidaya ikan mas kumpai dengan baik. Mestinya Anda lebih dahulu mengetahui pakan ikan mas. Ikan hias air tawar yang satu ini memiliki sebutan lain bottom feeder.  
Alasan penamaan dikarenakan ikan kumpay sering mencari makan di dasar perairan. Dalam kehidupan nyata, ikan mas sering mengaduk-aduk dasar kolam untuk mencari jasad-jasad organik sudah mati.
Dari sekian banyak ciri ikan mas kumpay yang sering dikenali, Anda akan lebih mudah menemukan ikan ini di perairan yang tertutupi dengan rimbun. Dari kebiasaan ini ikan mas sering dikenal juga ikan penempel atau adhesif. 
Ciri-Ciri Ikan Mas
pakan-ikan-kumpay 
 
Banyaknya ikan air tawar di Indonesia membuat cirinya hampir sama dan sulit membedakan bagi sebagian orang. Adanya kondisi tersebut akan dibahas ciri-ciri ikan kumpay di kesempatan kali ini. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ini :
  • Ikan kumpay memiliki pencernaan sederhana
  • Panjang ikan berkisar 30 cm
  • Memiliki banyak variasi warna
  • Ikan mas mampu hidup hingga 20 tahun
  • Ketahanan fisik yang sangat kuat
  • Dapat beradaptasi dengan mudah
  • Sisik yang teratur dan agak licin bila dipegang
Itulah beberapa ciri khusus ikan mas kumpay yang dapat dijadikan referensi ketika ingin membeli di pasaran. Tidak perlu kahwatir tidak bisa merawatnya, mudahnya budidaya ikan mas kumpai membuat orang berbondong-bondong melestarikan dan menjadikannya bisnis.
Manfaat Ikan Mas Kumpay
manfaat-ikan-mas 

Tahukah Anda ikan mas sangat bermanfaat bagi kesehatan badan? Sudah banyak orang yang membuktikannya sendiri. Alasannya cukup sederhana, kandungan ikan mas sangat di butuhkan dalam keseimbangan tubuh. Misalnya saja protein, salah satu manfaat protein sendiri untuk memperbaiki dan mengganti sel rusak.
  • Menurunkan darah tinggi
  • Meminimalkan penyakit jantung
  • Mencerdaskan otak dan menambah IQ
  • Mengontrol berat badan
  • Menambah tinggi badan
  • Mengurangi resiko kanker
  • Menambah fungsi penglihatan
  • Mencegah radang radang sendi
  • Mencegah penyakit Ateroskleorosis
Harga Ikan Mas Kumpay
harga-ikan-mas-kumpay 

Sekarang Anda sudah memiliki minat untuk memelihara ikan kumpay? Tentunya sebelum membeli ikan mas Anda harus tahu dulu dong harganya. Jangan sampai Anda sudah di toko ikan dan tidak tahu harga pasaran ikan mas.
Sebelum membahas harga ikan kumpay dipasaran, perlu diketahui terlebih dahulu jika setiap daerah mempunyai harga ikan mas berbeda-beda. Demikian juga seiring berkembangnya pasar dan permintaan dari pembeli.
Banyaknya permintaan di pasar, namun jumlah ikan mas tidak banyak akan membuat harga ikan naik. Kenaikan ini tergantung kondisi di tempat tersebut, bisa jadi kenaikan sampai 3 kali lipat.
Oke. langsung saja pembahasan harga ikan mas kumpay.
Dapat dilihat pada tabel harga bervariasi, demikian dengan ukurannya. Disarankan membeli ikan mas sesuai kebutuhan.

Dari penjelasan diatas dapat Anda simpulkan jika harga ikan kumpay sangatlah bervariasi. Semua harga tergantung dari tempat tinggal dan kebutuhan pasar. Sedikit mengulas lagi, jika permintaan naik maka harga akan meningkat dan berlaku kebalikannya.
Dilihat dari segi manfaat ikan mas kumpai sangatlah banyak. Mulai dari kesehatan badan hingga menambah tinggi badan. Peningkatan tinggi badan tidaklah signifikan, akan tetapi dengan semua kandungan ikan kumpai akan menghasilkan hasil yang maksimal juga.

Cara Budidaya Ikan Koi Kumpay Slayer

Cara Budidaya Ikan Koi Kumpay Slayer –  Siapa sih yang tidak mengetahui ikan hias satu ini?  Iya.. ikan Koi merupakan ikan yang banyak di kenal oleh orang se dunia. Sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis ikan hias cantik satu ini. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak kita jumpai dipara penjual ikan hias.  Ikan Koi adalah ikan hias jenis karper yang berasal dari Jepang, masih satu kerabat dengan ikan mas.

Cara Budidaya Ikan Koi Kumpay Slayer

Ikan koi selalu memiliki daya tarik dan mampu merubah pola fikir seseorang. Contoh yang mudah saja ketika kita saat dalam keadaan jenuh melihat kolam yang berisi jenis ikan akan membuat stress kita hilang, dari situ juga kita belajar sabar, memberi perhatian antar sesama makhluk ALLAH, serta banyak lagi manfaat dan keutaman dari memelihara ikan.

Ikan Koi adalah ikan asli jepang dengan nama julukan Ilmiah Cyprinus Carpio yang sudah lama menyebar keseluruh dunia, tapi lebih banyak ditemukan di negara ASIA. Termasuk juga negara Indonesia yang tergolong negara pembudidaya. Tentu, karena memang banyak dari juragan-juragan empang yang emilih untuk beternak dan membudidayakan ikan koi.

Pada zaman dahulu ikan koi hanya bisa dimiliki para raja dan kaisar di Jepang. Ini karena ikan koi menjadi lambang kekayaan dan kemakmuran raja di Jepang. Harga ikan koi yang mahal inilah yang membuat tidak banyak orang bisa memilikinya.

Dan diantara banyaknya jenis ikan koi yang menarik ada ikan koi yang sangat unik. Ikan koi unik yang merupakan ikan hias silangan dari ikan koi yang berasal dari jepang dan ikan hias yang berasal dari jawa barat Indonesia. Penasaran bukan? Ikan koi ini  adalah kan koi  kumpay slayer.  Karena keunikan dari ikan hias koi ini ikan koi kumpay slayer menjadi salah satu ikan hias yang banyak di buru oleh para penggemar  ikan hias.

Koi kumpay merupakan hasil silangan antara ikan koi asal jepang dan ikan mas ras kumpay dari jawa barat. Keduanya masih bersaudara, tergabung dalam marga Cyprinus suku Cyprinidae. Meskipun bersaudaa jika ada yang bertanya apa bedanya ikan koi biasanya dengan ikan koi kumpay  slayer adalah kalau ikan koi biasanya berasal dari negara jepang nah sedangkan untuk ikan mas ray kumpay berasal dari jawa barat Indonesia.

Ikan Koi sangat menarik karena pola warna tubuh yang dimilikinya, sedangkan ikan kumpay mempunyai kelebihan pada siripnya yang lebih panjang dibandingkan sirip saudara-saudaranya. Nah,  Kawin silang antara keduanya ini mudah terjadi karena masih satu marga.

“Ikan Koi adalah ikan mas dengan kriteria tertentu, tapi kalau ikan itu bersirip panjang kan lebih bagus,” kata seseorang penggemar ikan hias yang juga menggemari ikan koi ini jenis ini.
Ikan komet merupakan hasil silangan antara ikan koi dengan ikan koki atau ikan kumpay dengan ikan koki. Karena silangan dengan ikan koki ini, ukuran tubuh ikan komet tidak bisa besar. Lain dengan ikan koi kumpay ini. ukuran tubuhnya bisa sebesar koi atau  kumpay, 60 – 80 cm. Hal ini juga yang menjadi daya tarik dari jenis ikan silangan ini.

Cara budidaya dan cara menyilangkan
Cukup menarik bukan jenis ikan koi satu ini. Dan untuk mendapatkan jenisikan koi ini dengan menyilangkan cukup mudah. Menyilangkan ikan koi dan ikan kumpay cukup mudah karena kedua ikan ini masih merupakan satu marga.

Sebelum melakukan penyilangan kita harus tahu dulu memilih ikan koi dan ikan kumpay yang tepat untuk di silangkan. Untuk ikan Ikan kumpay  yang di pilih  adalah ikan kumpay yang berwarna polos, seperti  ikan kumpay yang berwarna hitam, putih atau emas. Alasannya hal ini agar  kalau disilangkan dengan koi yang warnanya sedikit, misalnya jenis tancho, maka akan menghasilkan koi kumpay yang warnanya sedikit pula. Dengan sedikit warna dan kombinasi dengan sirip ikan kumpay ini makan ikan mas koi kumpay slayer ini akan mejadi jenis ikan koi yang sangat indah.

Nah, sedangkan untuk cara mengawinkannya, satu ekor ikan dicampur dengan lima ekor jantan dalam karamba  yang berukuran 2 x 3 x 1 m. Untuk  dasar karamba diberi ijuk yang digunakan untuk tempat telur nanti. Sedangkan untuk ijuk, agar ijuk bisa tenggelam ijuk dijepit di antara dua lembar anyaman bambu dan diberi batu pemberat yang diikatkan pada masing-masing sudutnya.

Bambu bagian atas berkotak-kotak kecil supaya telur  yang telah dibuahi jatuh tepat pada ijuk, ini untuk menjaga agar telur ama dan tidak pecah. Ikan di biarkan di sana semalamam sampai tampak yang betina didorong-dorong oleh si jantan. Bila diperkirakan telur sudah cukup banyak, induk diangkat.

Setelah beberapa lama telur akan menetas. Dan setelah telur menetas anakan ikan silangan ini harus dipindahkan ke kolam khusus  untuk pemeliharaan ikan kecil. Untuk kolam khusus ini Anda haru membuat kolam yang dalammya 70  cm. Kalau bisa, airnya tenang dan banyak mengandung plankton. Ini merupakan cara dasar pemeliharaan anakan ikan koi.

Pemeliharaan lebih mudah.
Seteleh kita tahu cara menyilangkan dan mengawinkan dua jenis ikan hias yang berbeda namun satu marga ini. Tentunya kita juga perlu tahu cara merawat ikan koi kumpay ini.

Untuk perawatan ikan koi kumpay cukup mudah karena perawatan koi kumpay sama dengan ikan koi pada biasanya. Walau pun tidak seketat ikan koi. Pakan utama dari ikan kkoi kumpay slayer ini juga berupa pelet yang banyak mengandung protein dan pakan tambahan berupa sayuran.

Pelet diberikan 2  kali sehari-hari pada jam-jam tertentu, sedang sayuran 2  hari sekali. Airnya perlu bening. Dan bersirkulasi baik. Kolam akan lebih baik lagi kalau dilengkapi biological filter. Selain pemeliharaanya lebih mudah, harga kumpay pun lebih terjangkau.

Cara Budidaya Ikan Koi Kumpay Slayer

Sumber :
 https://tikafn.com/ikan-mas-kumpay-terbaik/
 https://bukubiruku.com/jenis-ikan-hias-air-tawar-aquarium/

 https://www.jualikankoi.co.id/cara-budidaya-ikan-koi-kumpay-slayer/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar