Kamis, 19 September 2019

MENGENAL RAGAM IKAN PLATY DAN KEUNIKANNYA

Ciri Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan Platy Mickey Mouse merupakan salah satu jenis ikan platy yang cukup populer dan memiliki ciri khas yang unik. Ikan hias cantik yang satu ini memiliki karakteristik kecil dan mungil serta menggemaskan seperti halnya kartun mickey mouse. Ikan hias yang satu ini memang sangat degemari dan cocok banget untuk hiasan di dalam rumah.

Klasifikasi Ikan Platy
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygi
Ordo: Cyprinodontiformes
Famili: Poecilidae
Genus: Xiphophorus
Spesies: Xiphophorus Maculates
 
Ciri Ciri Ikan Hias Mickey Mouse
Salah satu ciri khas dari ikan platy mickey mouse adalah adanya bulatan hitam pada pangkal ekornya, terdapat 3 bulatan, yang terdiri dari 1 bulatan besar dan 2 bulatan kecil. Karena 3 bulatan yang menyerupai bentuk kepala tokoh kartun mickey mouse inilah pemberian nama ikan ini bermula.

Ikan mickey mouse ini dikenal memiliki banyak varian warna yang semuanya sangat cantik dan mungil mungil. Beberapa warna ikan ini yang cukup populer diantaranya adalah merah oranye, kuning emas agak pucat, serta putih kebiru biruan. Dan jika ingin memelihara ikan hias ini, akan lebih bagus jika dipelihara secara berkelompok dalam jumlah yang banyak.

Asal-usul dan sebaran
Platy Mickey Mouse adalah ikan asli Amerika Utara dan Tengah, dari Ciudad Veracruz, Meksiko, sampai Belize utara di Amerika Tengah. Populasinya sekarang menyebar ke sejumlah lokasi di Amerika Serikat, meliputi California, Colorado, Florida, Hawaii, Louisiana, Montana, Nevada, dan Texas. Spesies platy yang berbeda hidup dalam sistem sungai yang berbeda; tidak ada yang dianggap terancam punah.

Warna dan marking
Ingin tahu mengapa ikan yang menggemaskan ini mendapat nama Mickey Mouse? Perhatikan dengan cermat area ekornya dan Anda akan menemukan marking kepala Mickey Mouse yang tersembunyi. Di dekat pangkal ekornya terdapat spot bulat besar dengan dua “telinga” bulat kecil yang menyerupai gambar kepala karakter Disney populer, Mickey Mouse.

Ikan ini sendiri berwarna kuning pucat hingga emas, merah hingga oranye, putih, atau bahkan berwarna kebiruan. Siripnya dapat berwarna kuning pucat hingga merah atau hitam. Ada juga versi bersirip panjang dan bersirip tinggi. Terlepas dari variasi warna dan siripnya, semuanya adalah spesies ikan yang sama. Semua platy memiliki gigi di rahang atas dan bawahnya.

Habitat Ikan Hias Mickey Mouse
Habitat Ikan Mickey Mouse
Ikan hias cantik ini merupakan ikan yang berasal dari perairan amerika utara dan tengah, tepatnya dari Ciudad Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah.

Ikan ini memiliki nama latin Xiphophorus Maculatus, yang merupakan hasil keturunan dari spesies ikan platy. Ikan Mickey Mouse memiliki beberapa nama dalam bahasa inggris, diantaranya adalah Mickey Mouse Platy dan Golden Moon Platy.
 
Perbedaan Ikan Mickey Mouse Jantan dan Betina
Cara paling mudah membedakan antara ikan mickey mouse jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk tubuhnya, Ikan Jantan memliki warna yang lebih cerah dan ukuran ikan lebih ramping daripada ikan betina. Selain itu dari segi interaksi, ikan jantan akan lebih agresif daripada sang betina.
Dan dari segi fisik ikan betina memiliki badan yang lebih gemuk daripada ikan hias platy jantan. Tentu kamu sudah bisa membedakan keduanya bukan?

Teman seakuarium
Ikan platy mickey mouse

Platy Mickey Mouse sangat damai dan dapat hidup bergaul dengan berbagai jenis ikan lainnya. Karena mereka bukan ikan kawanan, mereka tidak perlu banyak ruang untuk bergerak. Oleh karena itu, akuarium kecil adalah habitat yang sangat nyaman.

Platy Mickey Mouse seringkali suka ditemani anggota keluarga Xiphophorus lainnya. Mereka semua adalah ikan livebearer, seperti guppy, molly, dan swordtail (ekor pedang). Teman seakuarium yang cocok lainnya adalah manfish, catfish, danio, gurame, dan tetra.

Cara Memelihara Ikan Hias Mickey Mouse di Akuarium
Memelihara Ikan Mickey Mouse di Akuarium
Sebelum memelihara ikan hias tentunya kamu harus mempersiapkan akuarium yang cukup luas untuk ikan mickey mouse ini, setidaknya jika memelihara ikan sekitar 5 ekor, sediakan akuarium dengan ukuran 20 x 30 cm atau bisa lebih besar lagi. Setelah mmempersiapkan akuarium, sediakan juga hiasan untuk akuarium, bisa dengan tanaman air dan bebatuan, karena selain sebagai hiasan, bisa juga menjadi tempat persembunyian anakan ikan mickey mouse, apabila ikan sampai bertelur nantinya.
Namun taruhlah secukupnya, jangan sampai berlebihan. Karena jika terlalu banyak benda di dalam akaurium bisa menimbulkan air menjadi lebih cepat keruh.

Kemudian selanjutnya, untuk menjaga kebersihan akuarium, siapkan pompa air dan filter untuk menyaring kotoran di dalam akuarium. Karena dengan menjaga kebersihan, tentunya bisa mengurangi resiko ikan hias terkena serangan berbagai macam penyakit.

Agar ikan bisa hidup lebih tenang dan tidak stres, usahakan juga memberikan pengatur suhu, ikan hias mungil ini idealnya hidup dengan tentram pada pada suhu 64 – 77 F (18 – 25 C), sedangkan kadar pH airnya antara 7,0 sampai 8,2. Setelah semuanya sudah terpenuhi, maka selanjutnya adalah memasukan ikan mickey mouse ke dalam akuarium.

Selalu jaga kebersihan akuarium, agar ikan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Salah satu penyebab air akuarium cepat keruh adalah karena pemberian pakan ikan atau pelet yang berlebihan. Dalam memberi makanan, cukup 2 kali sehari dan juga tidak boleh terlalu banyak jumlahnya, karena semakin banyak memberi makan pada ikan, tentunya potensi kotoran ikan yang dihasilkan menjadi lebih banyak.

Untuk menjaga kebersihan akuarium, setidaknya lakukan penggantian air secara teratur, apabila dirasa air sudah mulai keruh. Setidaknya 4 hingga 5 minggu sekali, sudah cukup.
Makanan Ikan Mickey Mouse yang Bagus Supaya Cepat Besar
Ikan Mickey Mouse Cantik
Karena ikan ini merupakan ikan monivora, yang artinya ikan ini akan memakan apa saja yang bisa di makan di dalam akuarium. Namun untuk meningkatkan kualitas warna ikan dan pastinya agar ikan lebih cepat besar. Usahakan memberikan makan alami, seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, dan lainnya. Namun kamu bisa memberikan makanan tersebut hanya sebagai selingan saja, kamu bisa memberikan makanan utama dengan pelet ikan hias dan selinagnya dengan memberikan makanan alami tadi.

Karena menemukan makanan alami tidak semudah menemukan pakan pabrikan yang bisa dibeli dengan mudah di toko ikan hias. Untuk pakan alami memang jarang yang membudidayakannya atau bisa membudidaya sendiri namun cukup merepotkan.

Harga Ikan Hias Mickey Mouse di Pasaran
Harga Ikan Platy Mickey Mouse
Ikan yang cantik dan mungil ini tergolong ikan yang memiliki harga murah, harga pasarannya tidak sampai Rp 5.000 per ekornya. Biasanya untuk ikan mickey mouse kecil harganya sekitar Rp 2.000 dan untuk ikan yang sudah cukup dewasa dan memiliki keindahan warna yang cantik, harganya berkisar antara Rp 5.000 setiap ekornya, bahkan bisa lebih mahal lagi.

Jenis - Jenis Ikan Platy
Ikan mungil ini memiliki banyak variasi jenis. Variasi ini biasanya dikelompokan berdasarkan warna, bentuk tubuh, pola warna dll. Beberapa jenis ikan Platy yang cukup sering dijumpai adalah sebagai berikut

Platy Color Variations
variasi warna platy
Platy Color Variations
Platy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berwarna-warni. Warna ikan platy berkisar dari kuning pucat sampai hitam pekat dengan berbagai pola dan motif. Nama-nama ikan Platy berdasarkan variasi warnanya pun sangat beragam. Umumnya ikan Platy memiliki lebih dari 1 warna dengan perpaduan corak dan pola pada badannya. Beberapa jenis warna yang dapat dijumpai pada ikan Platy adalah sebagai berikut
  • Hitam
  • Putih
  • Biru
  • Coklat
  • Emas / Kuning
  • Hijau
  • Merah
 
Platy Wagtail
ikan platy wagtail
Ikan Platy Wagtail
Ketika anda melihat ikan Platy yang memiliki warna ekor dan sirip berwarna hitam, berarti anda sedang melihat ikan Platy dengan sebutan Wagtail. Warna merah dan kuning adalah warna yang sering berpadu dengan pola wagtail. Namun sebenarnya wagtail dapat terjadi pada semua jenis warna pada ikan Platy. Tak jarang terkadang kita menemukan ikan Platy Wagtail dengan kombinasi warna biru ataupun hijau.

Platy Mickey Mouse
platy mickey mouse
Platy Mickey Mouse
Penamaan tokoh kartun disney Mickey Mouse ini mengacu pada pola yang dimiliki ikan Platy. Pada jenis ini, ikan Platy akan memiliki warna hitam dengan pola seperti bentuk kepala Mickey Mouse. Jenis ini cukup digemari para pecinta ikan hias khususnya ikan Platy.

Platy Tuxedo
platy tuxedo
Platy Tuxedo
Untuk membedakan jenis ikan Platy Tuxedo dengan jenis lainnya adalah dari segi warnanya. Platy Tuxedo mendapat namanya dari bentuk warna hitam pada bagian samping tubuhnya yang menyerupai tuxedo. Kombinasi warna hitam pada jenis ini sangat beragam.

Platy Pelangi
platy pelangi
Platy Pelangi
Sesuai namanya, Platy jenis ini memiliki kombinasi banyak warna seperti pelangi. Warna yang terdapat pada jenis ini sering kali benar-benar menyerupai warna pelangi, dimuai dari warna yang lebih gelap dan terus bergradasi ke warna yang lebih terang. Salah satu variasi Platy pelangi yang cukup populer adalah platy dengan warna yang mencolok dan biasa disebut dengan Platy Neon.

Platy Hifin
Platy Hifin
Platy Hifin
Platy Hifin termasuk jenis yang cukup mudah ditemui dipasaran. Platy Hifin memiliki sirip dorsal berbentuk memanjang dan mencolok. Seperti pada jenis Platy lainnya, Platy Hifin juga memiliki kombinasi dengan berbagai warna. Namun sirip dorsal yang memanjang ini biasanya rentan terhadap serangan penyakit terutama saat ikan merasa stress. bagi pemilik jenis Hifin, ada baiknya selalu memperhatikan kondisi kesehatan ikan dan segera beri pertolongan jika melihat gelagat yang tidak biasa pada ikan.

Platy Pintail
Platy Pintail
Platy Pintail
Jenis Platy Pintail juga cukup mudah dikenali. Varian ini juga banyak ditemui dipasaran, meski tidak sebanyak jenis Hifin. Salah satu ciri khas dari Platy Pintail adalah bentuk sirip ekornya yang berbeda dari jenis lain. Platy Pintail memiliki sirip ekor dengan bagian tengah yang memanjang dan runcing. Beberapa orang menyebut varian ini sebagai Platy ekor pedang.

Ikan Platy sering kali disamakan dengan ikan Molly, walaupun sekilas memang mirip tapi jika diperhatikan kedua ikan ini jauh berbeda. Pada kesempatan berikutnya akan coba dibahas tentang perbedaan ikan Platy dan ikan Molly. Agar tidak salah lagi dalam mengenali mana yang ikan Platy dan mana yang ikan Molly.

Sumber :
https://sukaikan.com/ikan-platy-mickey-mouse/
https://www.ikan.info/kasifikasi-dan-jenis-ikan-platy/
https://gerava.com/panduan-memelihara-ikan-platy-mickey-mouse/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar