Jumat, 04 Oktober 2019

MENGENAL RAGAM IKAN OSCAR DAN KEUNIKANNYA

Jenis ikan hias air tawar oscar indah
Ikan hias Oscar merupakan jenis ikan air tawar yang legendaries dan sering dipelihar dalm aquarium yang solah-olah dari masa ke masa kepopularn ikan Oscar tidak ada pudar-pudarnya. Sejarah ikan Oscar ni sudah ditemukan di Amerika Selatan dan pada umumnya mempunyai warna kominasi merah dan hitam.

Yang membuatnya terlihat sangat indah dan elok ketika menari-nari di dalam aquarium, selain itu ada juga yang berwarna putih kepucatan dengan corak merah kekuningan yang banyak dikenal orang dengan sebutan Oscar Albino.

Kebanyakan umur ikan Oscar di alam bebas dapat mencapai umur 10-12 tahin ini tergantung kekuatan mereka masing-masing.

Pada habitat aslinya ikan ini termasuk ikan yang tergolong tidak ramah dengan ikan lainnya khusunya pada ikan-ikan kecil dan tidak bertulang belakang. Ikan Oscar sangat agresif jika disatukan dalam satu wadah aquarium karena ikan sangat menjaga wilayah teritorialnya.

Namun selain dari keganasannya juga terdapat beberapa hal unik dari ikan Oscar ini yaitu merupakan ikan yang dikenal sebagai ikan yang setia pada pasangannya selain itu juga memeiliki tingkat kecerdasan yang cukup baik dibanding dengan beberapa ikan hias lainnya.

Karakteristik dari ikan ini adalah sangat agresif serta asalnya adalah dari Sungai Amazon di Brazil.
Ikan oscar yan sudah dewasa bisa berukuran panjang 40 cm dan berat kira-kira 3 kg. Masa hidupnya sendiri dapat mencapai 10 hingga 14 tahun, terutama apabila diberi makan serta dirawat secara baik.


Dengan ukuran besar serta sifat agresifnya ini, cara merawat ikan oscar akan membutuhkan akuarium besar dan tidak dicampur dengan ikan hias lain.
Selain itu, harga ikan oscar juga terbilang relatif tinggi.

Tentang ikan Oscar
Oscar Fish (Astronotus ocellatus) adalah jenis ikan cichlid dan anggota keluarga Cichlidae. Meskipun sekarang ada banyak pilihan Oscar yang tersedia di pasaran, pada awalnya hanya ada tiga jenis Oscar, yaitu Red, Albino, dan Tiger. Semua variasi yang ada sekarang adalah hasil perkawinan silang.

Spesies ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1831. Mereka berasal dari lembah Sungai Amazon, Sungai ParanĂ¡, Sungai Paraguay, dan Rio Negro. Sejak saat itu mereka diperkenalkan ke bagian lain dunia, termasuk Amerika Serikat, China, dan Australia. Di daerah asalnya, Amerika Selatan, ikan ini dianggap penting untuk industri perikanan komersial dan daging mereka sangat dihargai.

Ikan Oscar telah lama dianggap sebagai hewan yang cerdas. Setelah terbiasa dengan setup baru dan merasa nyaman di akuarium, mereka akan mulai penasaran. Mereka bisa berenang lebih dekat ke dinding akuarium dan hanya mengapung di sana dengan hati-hati sambil melihat Anda melakukan sesuatu. Anda akan tahu bahwa ikan ini memiliki karakter tersendiri.

Kepribadian mereka, selain variasi warna yang luas, membantu menjadikan Oscar salah satu ikan air tawar paling populer. Jika Anda ingin membeli Oscar, Anda tidak akan kesulitan menemukannya karena ini dijual luas di pasar ikan hias, toko ikan hias, peternak, atau memesan secara online.
 
Jenis Ikan Oscar
Ikan ini sendiri masuk dalam keluarga Cichlid serta nama latinnya adalah Astronotus ocellatus. Sekarang juga sudah banyak beredar jenis-jenis ikan oscar terbaru karena banyak pehobi ikan hias yang melakukan kawin silang antara dua jenis ikan oscar berbeda.

Termasuk di antaranya adalah Lutino Oscar, Lemon Oscar, Yellow Oscar dan lain-lain. Masing-masing jenis akan memiliki ciri ciri ikan oscar yang berbeda.

Dari sekian banyak jenis ikan oscar di dunia, terdapat lima jenis yang cukup diminiati pehobi ikan hias di Indonesia. Kelimanya memiliki karakteristik masing-masing serta harga yang berbeda-beda pula.

Ikan Oscar Albino
Foto Ikan Oscar Albino Cantik 
Foto Ikan Oscar Albino Cantik

Pertama ada ikan oscar albino. Jenis ini termasuk ikan oscar termahal serta paling cantik. Karena ikan oscar albino terbilang jarang ditemui serta susah dibudidayakan. Warnanya sangat cantik dan banyak pehobi ikan hias rela mengeluarkan dana besar hanya untuk membeli ikan ini. Bahkan, tak jarang pehobi ikan hias yang mendatangkan ikan oscar albino dari luar negeri. Ciri dasar dari ikan ini adalah warna dasar putih serta pola corak bintik-bintik bludru warna emas kemerahan. Matanya berwarna merah menyala dan siripnya lebar.

Harga ikan oscar albino anakan ukuran 10 – 15 cm adalah Rp 45.000 hingga Rp 55.000 per ekor, sementara ikan dewasa ukuran 30 – 35 cm harganya antara Rp 130.000 hingga Rp 150.000 per ekor.

Albino Oscar yang hampir seluruhnya putih dengan pengecualian pola yang berbeda-beda. Mereka memiliki semacam kisi-kisi oranye/merah yang saling terkait yang biasanya ditemukan di ujung tubuh. 

Kepadatan dan kompleksitas polanya bervariasi dari individu ke individu. Tidak ada yang sama, dan itulah yang membuat spesies ini sangat menarik. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar bahwa Albino Oscar tanpa campuran warna dihargai lebih mahal, sangat subjektif dan sulit rasanya untuk menentukan mana yang terlihat paling indah.

Ikan Oscar Red
Gambar Ikan Oscar Red atau Merah 
Gambar Ikan Oscar Red atau Merah

Ini adalah tipe ikonik lainnya. Red Oscar dapat diidentifikasi melalui penampilan dua warnanya yang indah. Pewarnaan mereka adalah perpaduan antara warna hitam dan merah yang bagus. Dua warna itu bergabung di sekitar punggung mereka dan transisinya sangat mulus. Sirip mereka juga akan menjadi hitam seiring waktu. Sama seperti Tiger Oscar, mata mereka memiliki tepi oranye dan sedikit menonjol di atas kepala.

Ikan oscar red juga masuk deretan ikan hias terpopuler serta seringkali diperjualbelikan di toko-toko ikan hias. Sifatnya agresif serta galak seperti kebanyakan ikan oscar. Makanan ikan oscar red adalah ikan-ikan lain yang lebih kecil, udang serta kepiting.

Ciri-cirinya ialah warna dasar merah agak oranye serta hitam di sisi kepala, sirip serta ekor. Ukurannya bisa mencapai 50 cm dalam jangka waktu 10 tahun.
Harganya akan sebanding dengan kualitas serta masih tergolong terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Harga anakan ikan oscar red adalah antara Rp 35.000 hingga Rp 45.000 per ekor sementara ikan yang sudah dewasa harganya antara Rp 110.000 hingga Rp 125.000 per ekor.

Ikan Oscar Slayer
Foto Ikan Oscar Albino Slayer 
Foto Ikan Oscar Albino Slayer

Ikan oscar slayer sudah banyak dikenal di kalangan pehobi ikan hias. Ciri khas ikan ini adalah sirip yang panjang serta melebar. Jenis ikan oscar slayer sendiri sebenarnya merupakan ikan yang mengalami kelainan genetik, akan tetapi justru kelainan ini yang membuatnya unik dan banyak dicari. Umumnya, ikan oscar yang siripnya slayer adalah dari jenis oscar albino ataupun oscar red. Namun, kini sudah banyak ditemukan jenis persilangan dari indukan oscar slayer.

Harga ikan oscar slayer ini terbilang mahal, di mana anakannya dihargai Rp50.000 hingga Rp65.000 sementara ikan oscar terbesar yaitu yang dewasa dihargai antara Rp140.000 hingga Rp160.000.

Ikan Oscar Tiger
Foto Ikan Oscar Red Tiger 
Foto Ikan Oscar Red Tiger

Tiger Oscar adalah salah satu jenis Oscar yang paling populer. Variasi yang luar biasa ini dapat dibedakan lewat pola di kulit mereka yang menyerupai pola harimau. Biasanya pola ini dekat dengan ekor, tetapi terkadang menutupi seluruh tubuhnya.

Sebagian besar tubuh mereka berwarna hitam dengan pola kemerahan atau oranye terang. Terkadang mereka memiliki garis hitam di ujung tubuh mereka. Kombinasi warna-warni ini membuatnya tampak seperti batu lava hidup yang berenang di akuarium Anda. Sedangkan untuk ukurannya, mereka bisa tumbuh hingga 30-40 cm.

Jenis ikan oscar ini terbilang mengerikan, namun justru hal tersebut yang membuatnya banyak dicari.
Ciri-ciri tubuhnya adalah perpaduan warna dasar hitam abu-abu serta pola berwarna oranye atau merah. Sifat alaminya adalah agresif serta lebih gemar menyendiri. Jenis ikan ini terbilang masih murni serta belum menerima hasil kawin silang.

Harganya tak terlalu mahal jika dibanding jenis ikan lainnya. Harga ikan oscar tiger anakan adalah antara Rp 30.000 hingga Rp 40.000 sementara harga ikan dewasaya mencapai Rp 90.000 hingga Rp 110.000.

Ikan Oscar Batik
Foto Ikan Oscar Batik yang Cantik 
Foto Ikan Oscar Batik yang Cantik

Banyak orang mengira jika jenis ikan oscar tiger dan batik adalah sama, padahal keduanya berbeda. Jika diperhatikan secara lebih teliti, maka akan kita temukan perbedaan pada coraknya. Ikan oscar batik memiliki ciri tersendiri berupa warna dominan hitam serta corak bintik-bintik seperti pada ikan oscar albino.

Sekilas corak ikan ini tampak seperti batik, sehingga disebut sebagai ikan oscar batik. Untuk harganya, ikan oscar batik tidak terlalu jauh beda dengan harga ikan oscar tiger. Namun, termasuk dalam jajaran ikan oscar yang terjangkau harganya terutama bagi para pehobi ikan. 

Anakan ikan oscar batik dihargai antara Rp 20.000 hingga Rp3 0.000 sementara untuk ikan dewasanya mencapai harga Rp 75.000 hingga Rp 90.000 per ekor.

Variasi persilangan (crossbreed)

Blue Oscar
Ikan Blue Oscar

Blue Oscar adalah jenis Oscar yang sangat indah. Tubuhnya hampir seluruhnya ditutupi dengan warna biru yang kontras. Mereka juga memiliki pola pada tubuh mereka, tetapi yang ini sedikit berbeda dengan yang lain.

Pola mereka lebih terlihat seperti sistem saluran yang terhubung yang diisi dengan warna biru cerah alih-alih penampilan seperti terputus-putus. Sisik mereka memiliki garis biru gelap, yang membuat mereka menonjol. Blue Oscar memiliki beberapa variasi sendiri. Semua perbedaan bermuara pada nuansa biru dan struktur polanya.

Ikan Oscar Hitam
Foto Ikan Oscar Hitam 
Foto Ikan Oscar Hitam

Cukup simpel namun tetap memukau, ikan Black Oscar adalah salah satu ikan terbaik di luar sana. Warna mereka sebagian besar hitam dengan garis terang melintang di seluruh tubuh mereka. Beberapa spesimen juga bisa memiliki perut yang lebih terang.

Mereka juga dapat memiliki pola yang sama persis seperti Tiger Oscar yang menghiasi sisik mereka. Sekali lagi, polanya bervariasi dari satu ikan ke ikan lainnya. Sirip mereka sepenuhnya hitam dan mata mereka memiliki pinggiran oranye.

Ikan oscar jenis yang satu ini bisa terbilang sedikit susah ditemui. Untuk bisa menghasilkan ikan oscar hitam, pertama-tama ikan oscarnya harus keturunan tiger dan memiliki kelainan genetik. Jadi meskipun dominan warna hitam, tapi masih memiliki corak. Biasanya coraknya berwarna silver.
Namun dengan kelangkaannya tidak membuat harganya menjadi menjulang tinggi. Biasanya anda bisa mendapatkan ikan  oscar hitam dengan harga Rp 85.000

Florida Oscar
Ikan Florida Oscar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Oscar telah berhasil diperkenalkan ke berbagai belahan dunia. Salah satu tempat ini adalah Florida di Amerika Serikat; mereka bahkan sudah memiliki varietas sendiri sekarang. Ikan Florida Oscar terlihat mirip dengan varian Tiger dan mereka juga memiliki pola yang mudah dikenali. Karena ikan ini hidup di alam liar, penampilan mereka sangat dipengaruhi oleh konsistensi dan kualitas makanannya. Di sinilah semua variasi berasal: kualitas air dan makanan yang buruk membuat pewarnaan mereka ikut memburuk seiring waktu.

White Oscar
Ikan White Oscar

Mirip dengan Albino Oscar, White Oscar telah kehilangan warna oranye ikoniknya dan menyisakan warna merah muda pucat. Warna ini menyatu dengan baik dengan seluruh tubuh mereka dan membuatnya tampak seperti berwarna putih dari kepala hingga ekor. Mereka tampak indah di segala jenis latar belakang dan media, entah itu gelap atau terang.

Green Oscar
Ikan Green Oscar

Seunik namanya, Green Oscar mungkin adalah yang paling atraktif dari semua tipe. Tubuh mereka sebagian besar berwarna hijau dengan campuran warna-warna lain (terutama hitam dan kuning). Tipe ini memiliki variasi pola dan warna yang berbeda.

Namun biasanya, mereka memiliki sepasang garis hijau gelap di tubuh mereka dan sisik berwarna kuning. Terkadang Anda melihat ikan yang memiliki lingkaran kuning dengan inti gelap di kulitnya. Ini hanyalah salah satu contoh pola unik yang mungkin Anda temukan pada ikan ini.

Ikan Oscar Lemon
Foto Ikan Oscar Lemon di Aquarium 
Foto Ikan Oscar Lemon di Aquarium

Jika Anda melihat ikan Oscar di toko ikan hias, Anda mungkin akan bingung membedakan ikan Albino Oscar dengan White Oscar. Namun ini tidak akan terjadi pada Lemon Oscar. Seperti namanya, ikan ini memiliki gradien kuning pada tubuh yang sebagian besar berwarna putih.

Beberapa spesimen memiliki pewarnaan kuning yang benar-benar jenuh dan beberapa spesimen lainnya memiliki pola kuning cerah di kulit mereka. Keindahan warnanya tergantung pada seberapa baik mereka dirawat dan bagaimana kondisi air tempat mereka hidup.

Tahu buat lemon bukan? Ikan oscar ini memiliki warna yang bisa dibilang cukup mirip dengan buah lemon. Tidak semuanya berawarna buah lemon yang kuning menyala, di bagian ujung sirip ada sedikit warna putih atau hitam.

Harganya bagaimana? Cukup mahal. Anda bisa membeli ikan oscar lemon ini dengan harga Rp 150.000 per ekornya.

Veil Tail Oscar
Ikan Veil Tail Oscar 

Veil Tail Oscar telah menjadi jenis yang terpisah karena ekornya yang panjang dan hampir tembus pandang. Meskipun warnanya bervariasi, sebagian besar ikan ini berwarna hitam dan oranye/kemerahan.

Ekor mereka tertutupi bintik-bintik oranye terang yang mudah dibedakan yang dapat mencapai sejauh kepala mereka. Anda juga akan melihat ikan ini dengan garis-garis oranye membentang di tubuh mereka (sebagai lawan dari titik-titik). Setiap kali mereka mengembangkan ekornya, maka keindahannya akan terpancar.

Daftar Harga Ikan Oscar Terbaru

Jenis Ikan Oscar

                 Anakan

                                 Dewasa
Ikan Oscar Albino          Rp 45.000 – 55.000          Rp 130.000 – 150.000
Ikan Oscar Slayer            Rp 50.000 – 65.000          Rp 140.000 -160.000
Ikan Oscar Red               Rp 75.000 – 120.000        Rp 150.000 – 250.000
Ikan Oscar Tiger             Rp 30.000 – 40.000          Rp 90.000 – 110.000
Ikan Oscar Batik             Rp 20.000 – 30.000          Rp 75.000 – 90.000
Ikan Oscar Hitam            Rp 25.000 – 25.000          Rp 85.000 – 100.000
Ikan Oscar Lemon           Rp 35.000 – 60.000          Rp 120.000 – 150.000

Manfaat Ikan Oscar

Walau bukanlah merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi, ikan Oscar mempunyai beberapa manfaat. Di bawah ini merupakan sebagian manfaat dari ikan Oscar:

1. Sebagai ikan hias

Manfaat ikan Oscar yang pasti telah Anda ketahui dengan baik yaitu sebagai salah satu jenis ikan yang dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ya, corak tubuhnya yan begitu menarik serta berbeda dengan jenis ikan yang lain, membuat ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang begitu cantik serta menarik untuk dipelihara di dalam akuarium.

Ikan Oscar bisa menambah kecantikan dari ruangan Anda, dikarenakan mempunyai corak yang menarik serta begitu indah. Perawatan dari ikan Oscar sebagai ikan hias juga mudah serta tak perlu ribet. Anda hanya perlu merawat akuarium serta rajin memberi makanan pada ikan Anda, supaya tetap hidup dengan sehat.

2. Sebagai salah satu cara relaksasi serta penghilang stress

Telah sejak lama manfaat ikan hias dipakai sebagai salah satu sumber untuk melakukan relaksasi pada manusia. Begitu pula dengan ikan Oscar. Dengan adanya ikan Oscar sebagai peliharaan, bisa membuat siapa saja yang memandangnya jadi lebih tenang serta rileks.

Ikan hias, termasuk juga di dalamnya yaitu ikan Oscar bisa memberi efek relaksasi pada Anda yang memandangi akuarium itu. Dengan melihat serta mengamati, maka hal semacam ini akan membuat otak serta syaraf kita jadi lebih rileks, sehingga berdampak pada pikiran kita. Hal semacam ini sudah pasti bisa berperan penting juga dalam mencegah serta mengurangi terjadinya stress.

3. Mengisi waktu luang serta sebagai hobi

Walau mempunyai perawatan yang tidak terlalu susah, akan tetapi menjaga ikan hias, seperti ikan oscar juga memerlukan waktu. Jadi, dengan memelihara ikan Oscar ini, secara tidak langsung, Anda bisa mengisi waktu luang Anda di rumah dengan membersihkan akuariaum serta memberi makan ikan Oscar peliharaan Anda.

Hal semacam ini sudah pasti selain bisa mengisi waktu luang Anda, dari pada terbuang percuma. Hal tersebut dapat juga meningkatkan rasa peduli Anda pada hewan, terlebih hewan peliharaan.

4. Sebagai penghasil rupiah

Tidak bisa dipungkiri, ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan yang langka. Dan juga sudah menjadi suatu hukum ekonomi, dimana barang atau komoditi yang langka pastinya mempunyai harga yang sangat tinggi. Begitu halnya ikan Oscar. Dengan kategorinya sebagai salah satu hewan hias yang jarang di pasaran, membuat harga dari ikan Oscar ini jadi begitu tinggi.

Hal semacam ini sudah pasti sangat menguntungkan untuk Anda yang mempunyai jiwa bisnis. Anda bisa membuat suatu peternakan serta pembibitan ikan Oscar. Dengan harga yang begitu tinggi, maka ikan Oscar bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi pendapatan Anda setiap harinya. Sudah pasti hal semacam ini harus diikuti dengan ketekunan serta tekad yang keras dari dalam diri Anda sendiri.

5. Menimbulkan rasa bangga tersendiri untuk pemiliknya

Untuk Anda yang mempunyai hobi tertentu, pastinya Anda akan merasakan bangga akan suatu hal yang Anda miliki. Begitu halnya ikan Oscar. Sebagai salah satu hobi yang disukai oleh banyak kalangan, ikan Oscar bisa meningkatkan dan juga menyebabkan rasa bangga pada setiap individu yang memeliharanya. Rasa bangga ini bisa terlihat saat Anda mempunyai spesies ikan Oscar yang sehat serta sangat cantik.

6. Menambah relasi serta hubungan dengan orang lain.

Ikan Oscar juga ternyata mempunyai manfaat yang penting loh untuk menambah relasi Anda. Bagaimana langkahnya? Anda bisa bergabung ke dalam komunitas pemilik serta pecinta ikan Oscar. Ya, sekarang ini telah ada banyak komunitas tertentu yang merupakan kumpulan dari beberapa orang yang memiliki serta menyukai ikan Oscar. Dengan berkumpul bersama komunitas itu, tentunya dapat memberi relasi serta hubungan Anda dengan orang lain. Selain itu, Anda dapat juga meningkatkan pemahaman serta pengetahuan tentang manfaat ikan Oscar, makanya bisa merawat ikan Oscar dengan lebih baik lagi.

Langkah Merawat Ikan Oscar

Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ikan Oscar. Anda harus tahu bagaimana caranya merawatnya agar jenis ikan Oscar itu dapat hidup dengan baik. Selain itu, Anda dapat juga meningkatkan pemahaman serta pengetahuan tentang fungsi ikan Oscar, makanya bisa merawat ikan Oscar dengan lebih baik lagi.

Pemberian Makan Ikan Oscar

Merawat ikan oscar di akuarium, tidaklah susah, yang paling utama yaitu kualitas air akuarium. Selain keadaan air yang bagus, terdapat banyak tips langkah merawat ikan oscar yang juga tidak kalah penting supaya ikan oscar sehat serta tumbuh dengan baik. Salah satunya yaitu dengan memberi benda-benda atau aksesoris agar dapat menjadi tempat bersembunyi agar ikan merasa nyaman.

Karena panjang style ikan Oscar dapat mencapai 40 cm serta karakternya agresif, akan sangat baik bila akuarium untuk tempat jenis ikan Oscar yang dapat menampung air 40-45 galon air. Serta paling penting ada cahaya karena perlu untuk kehidupan. Selain itu bersihkan air dengan bantuan kondensor. Mendaur 10-15% air setiap minggu serta membersihkan kotoran akan membuat ikan lebih nyaman.


Langkah yang harus juga dilakukan untuk memelihara style ikan Oscar ini yaitu dengan suhu yang penting dijaga pada 23 sampai 27 derajat celcius serta jangan menyimpan aquarium di bawah cahaya matahari langsung. Jenis ikan Oscar cara makanannya begitu mudah, ikan melahap serta menikmati setiap makanan yang diberikan khususnya Jangkrik hidup serta cacing sebagai alternatif makanan alami.

Sumber :
https://gerava.com/10-jenis-ikan-oscar-paling-cantik-dan-populer-di-kalangan-hobbyist/
https://bukubiruku.com/jenis-ikan-hias-air-tawar-aquarium/
https://farmbos.com/harga-ikan-oscar/#z
https://seruni.id/manfaat-ikan-oscar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar