Senin, 08 Januari 2018

MENGENAL IKAN KAKAP MERAH DAN MANFAATNYA


Mengenal Ikan Kakap Merah dan Manfaatnya

 
Ikan kakap termasuk golongan ikan demersal (ikan yang hidup pada dasar perairan) yang dapat hidup pada daerah perairan dangkal sampai laut dalam. Ikan kakap merah cukup banyak terdapat di perairan pantai diseluruh Indonesia dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Ikan kakap merah dapat dipasarkan dalam keadaan hidup dan keadaan mati.
Related image
 
Klasifikasi Ikan Kakap Merah

Adapun klasifikasi ikan kakap merah menurut (Saanin, 1968) adalah sebagai berikut:
 



Kingdom

: Animalia

Famili

: Lutjanidae

Filum

: Chordata

Kelas

: Pisces

Subkelas

: Teleostei

Ordo

: Percomorphi

Subordo

: Percoidea

Subfilum

: Vertebrata

Genus

: Lutjanus

Spesies

: Lutjanus sp.

Morfologi Ikan Kakap Merah

Image result for kakap merah

·         Tubuh yang memanjang dan melebar, gepeng atau lonjong, kepala cembung atau sedikit cekung.

·         Jenis ikan iniumumnya bermulut lebar dan agak menjorok ke muka, gigi konikel pada taring taringnya tersusun dalam satu atau dua baris dengan serangkaian gigi canin-nya yang berada pada bagian depan

·         Ikan kakap merah mengalami pembesaran dengan bentuk segitiga maupun bentuk “V” atau tanpa penambahan pada bagian ujung maupun penajaman

·         Bagian bawah penutup insang yang bergerigi dengan ujung berbentuk tonjolan yang tajam

·         Sirip punggung dan sirip duburnya terdiri dari jari jari keras dan jari-jari lunak

·         Sirip punggung umumnya ada yang berlekuk dan berkesinambungan antara bagian yang berduri keras dan bagian yang berduri lunak

·         Batas belakang ekornya agak cekung dengan kedua ujung sedikit tumpul

·         Ikan kakap merah memiliki bagian bawah penutup insang yang berduri kuat dan bagian atas penutup insang terdapat cuping bergerigi

 Habitat Ikan Kakap Merah

Related image

Ikan kakap merah umumnya hidup diperairan karang ke daerah pasang surut di muara dan bahkan ada beberapa spesies kakap cenderung hidup diperairan tawar. Jenis kakap merah berukuran besar umumnya membentuk gerombolan yang tidak begitu besar dan beruaya ke dasar perairan yang menempati perairan lebih dalam dari pada jenis yang berukuran kecil. Selain itu biasanya ikan kakap merah tertangkap pada kedalaman air antara 40–50 meter dengan substrat sedikit berkarang dan salinitas 30–33ppt serta bersuhu antara 5-32ºC.
 Terdapat juga jenis ikan kakap yang berukuran kecil sering kali dijumpai beragregasi pada waktu siang hari didekat perairan yang berkarang. Pada malam hari umumnya menyebar guna mencari makanannya baik berupa jenis ikan maupun crustacea. Ikan-ikan kakap berukuran kecil untuk beberapa jenis dari ikan kakap biasanya menghuni daerah bakau yang dangkal atau daerah-daerah yang ditumbuhi rumput laut.
 Potensi ikan kakap merah jarang ditemukan dalam gerombolan besar dan cenderung hidup soliter (hidup sendiri atau hidup berpasangan) dengan lingkungan yang beragam mulai dari perairan dangkal, muara sungai, hutan bakau, daerah pantai sampai daerah berkarang atau batu karang.



Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kakap Merah (Lutjanus sp.)
            Kakap merah merupakan ikan dasar yang memiliki kandungan gizi per 100 gram yaitu protein 20 gram, lemak 7 gram, kalsium 20 gram, fosfor 20 mg, vitamin 9 mg, besi 1 mg, dan air 77 mg. Ikan ini menghuni hampir seluruh perairan pantai Indonesia. Bisa ditemukan di sekitar kapal tenggelam, karang, tandes, atau rumpon, dan tanjungan. Konsentrasi kakap merah terpadat umumnya terdapat di lepas pantai hingga kedalaman 60 meter (Suyoto, 2002).

 Image result for kakap merah

10 Manfaat dan Khasiat Ikan Kakap untuk Kesehatan


1. Manfaat Ikan Kakap Sebagai Obat Mencegah Kanker


Manfaat Ikan Kakap yang pertama yaitu dapat mencegah kanker, Kenapa begitu? Karena ikan ini bisa mendorong pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh secara wajar. Kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang buruk sehingga menyebabkan mutasi yang berlebihan, melebihi batas kewajaran.

 2. Khasiat Ikan Kakap Mengobati Gangguan Jantung

Gangguan Jantung atau Kardiovaskuler rata-rata disebabkan karena gangguan sistem peredaran darah. Ingat lagi bahwa fungsi jantung ini memompa darah, bilamana darahnya saja sudah rusak, pembuluhnya saja sudah keriting dan kaku, bagaimana Jantung bisa bekerja dengan baik? Manfaat Kakap sebagai obat jantung patut anda lirik. 


3. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Tulang manusia akan terus tumbuh hingga dirinya mencapai umur 21 tahun. Lepas dari itu, tulang masih tumbuh, hanya saja melambat. Bahkan memasuki umur 30 tahun, tulang sudah berhenti berkembang. Banyak obat-obatan, suplemen, dan susu yang memproklamirkan diri bisa menunjang kesehatan tulang. Tapi semua itu adalah makanan dan obat pabrikan yang tentu ada dosis dan efek sampingnya. Bahaya bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, bisa membuat tubuh jadi ketergantungan. Oleh karena itu anda mulai membutuhkan alternatif makanan lain, seperti ikan Kakap misalnya.
 

4. Meningkatkan Kesehatan Mata


Vitamin A sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Ternyata vitamin ini juga terkandung dalam tubuh ikan Kakap. Maka dari itu, anda yang ingin bola mata tetap jernih, namun tidak suka makan wortel. Coba saja makan Kakap.
 

5. Manfaat Ikan Kakap Bisa Mencegah Batu Ginjal


Batu Ginjal juga menjadi penyakit serius yang mematikan bila penanganannya terlambat. Pengkristalan sari-sari makanan di ginjal jumlahnya bisa puluhan bahkan ratusan. Ini membuat ginjal terhambat kerjanya. Maka dari itu dibutuhkan operasi bedah yang memakan banyak waktu. Sebelum terlambat, anda harus memikirkan solusinya, yang ternyata gampang saja, yaitu dengan Ikan Kakap.
 

6. Menurunkan Hipertensi


Hipertensi yaitu penyakit darah tinggi. Biasanya menyerang orang tua, namun tak menutup kemungkinan pemuda belia juga bisa terkena karena penyakit ini tergolong degeneratif. Namun seseorang yang menderita hipertensi karena keturunan tidak usah terlalu cemas, sebab anda mungkin jarang sekali merasa pusing, apalagi kalau makan Ikan Kakap. Karena ikan ini akan melancarkan sistem peredaran darah anda.
 

7. Mencegah Terkena Stroke


Stroke yang berarti juga kematian sistem syaraf, terutama syaraf motorik (pergerakan). Stroke bisa menyerang seluruh anggota badan, namun ada pula yang menyerang separuh tubuh. Penyebabnya lagi-lagi karena peredaran darah yang buruk sehingga jantung gagal memompa darah dan otak mengalami kerusakan karena tidak mendapat suplai oksigen dan nutrisi. Untuk mengatasi ini, makan saja ikan Kakap.
 

8. Manfaat Ikan Kakap untuk Mencegah Aterosklerosis


Inilah manfaat terpenting dari Kakap, ternyata dia bisa mencegah aterosklerosis bahkan menyembuhkannya. Aterosklerosis adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah, di mana pembuluh darah menjadi keras dan menyempit karena timbunan lemak jahat dan zat lain yang berbahaya.
 

9. Menurunkan Kadar Lemak Berlebih Pada Darah


Fungsinya saja mencegah Aterosklerosis maka sudah pasti Ikan Kakap mampu menurunkan kadar lemak berlebih. Cara kerjanya dengan meluruhkan lemak itu, bagaikan teknik scaling pada karang gigi, lemak-lemak akan diberantas dengan HDL.
 

10. Manfaat Ikan Kakap untuk Mencegah dan Mengobati Osteoporosis


Siapa yang tidak ingin tulangnya sehat dan kuat? Semua tentu ingin, terutama orang tua, kakek, dan nenek. Para lansia mendambakan tulang demikian, tapi sayangnya osteoporosis sudah terlanjur menggerayangi tubuh mereka. Satu-satunya cara adalah menekan dampak penyakit ini, salah satunya dengan mengonsumsi ikan Kakap. Sebab ikan ini mengandung kalsium dan fosfor yang amat baik menjaga kepadatan tulang.
 
Seperti itulah manfaat dan khasiat ikan Kakap untuk Kesehatan.

Di bawah ini masih banyak manfaat lainnya.

11. Sebagai Antioksidan

12. Mengobati Mual

13. Makanan Alternatif Diet Ketat

14. Menetralisir Asam Lambung yang Sedang Naik

15. Menambah Kadar HB Agar Stabil

16. Obat Batuk Kering

17. Obat Edema Kulit

18. Terapi Stroke Total

19. Mengurangi Resiko Serangan Jantung Koroner

20. Mengatur Kadar Gula Darah Agar Normal

21. Menghilangkan Morning Sickness pada Ibu Hamil

22. Menguatkan Rahim dan Janin Agar Tidak Sakit

23. Mencerdaskan Otak Anak

24. Menghilangkan Nyeri Asam Urat atau Gout

25. Atasi Sakit Kepala Sebelah

26. Sembuhkan Bengkak Kaki

27. Melancarkan Pencernaan dan Pernafasan

28. Menjernihkan Bola Mata Agar Tak Merah Lagi

29. Mencegah Rabun Mata dan Rabun Senja

30. Atasi Gangguan Liver Agar Tak Kumat Lagi

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.semuaikan.com/habitat-morfologi-dan-klasifikasi-ikan-kakap-merah-lutjanus-campechanus/
http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/07/ikan-kakap-merah-lutjanus-sp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar