Rabu, 07 Februari 2018

MENGENAL IKAN KERAPU DAN MANFAATNYA

Hasil gambar untuk KERAPU

 Ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus tauvina)
 
Ikan kerapu hidup di perairan pantai hingga mencapai kedalaman 60 meter. Terumbu karang yang banyak di temukan di perairan Indonesia merupakan tempat hidupnya. Biasanya ikan ini berdiam diri di celah-celah batu menanti mangsa. Makanan utamanya adalah ikan-ikan kecil lainnya. Warna dasar tubuh kerapu adalah cokelat muda, yang sesuai dengan lingkungan hidupnya. Bulatan-bulatan merah atau coklat terdapat pada kepala bagian atas, tubuh dan sirip. Pada kerapu besar jalur dan bulatan itu menghilang. Penyebaran ikan ini sangat luas, mulai dari Laut Merah dan Afrika Selatan hingga Indonesia, Philipina, Jepang, Hawaii dan Australia.
 
Larva kerapu pada umumnya menghindari permukaan air pada siang hari, sebaliknya pada malam hari lebih banyak ditemukan di permukaan air. Penyebaran vertikal tersebut sesuai dengan sifat ikan kerapu sebagai organisme yang pada siang hari lebih banyak bersembunyi di liang-liang karang sedangkan pada malam hari aktif bergerak di kolom air untuk mencari makan.
 

Morfologi Ikan Kerapu

Ikan kerapu yang paling terkenal dan sering dibudidayakan di Indonesia adalah Ikan kerapu lumpur. Adapun ciri-ciri kerapu lumpur secara morfologi yaitu bentuk tubuh agak rendah, moncong panjang memipih dan menajam, maxillary lebar di luar mata, gigi-gigi pada bagian sisi dentary 3 atau 4 baris, terdapat bintik putih coklat pada kepala, badan dan sirip, bintik hitam pada bagian dorsal dan posterior. Habitat ikan kerapu lumpur adalah pantai yang banyak ditumbuhi algae jenis Ulva reticulata dan Gracilaha spp. dan setelah dewasa hidup di perairan yang lebih dalam dengan dasar yang terdiri atas pasir berlumpur.

Selain itu, Ikan kerapu lumpur memiliki badan yang berwarna dasar sawo matang dan pada bagian bawah agak keputihan. Terdapat garis menyerupai pita yang berwarna gelap, yang melintang pada badannya dalam jumlah sekitar 4-6 buah. Saat masih muda, pada seluruh tubuhnya terdapat noda-noda berwarna merah sawo.
 

Klasifikasi Ikan Kerapu

Adapun klasifikasi ikan kerapu lumpur adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Serranidae

Genus : Epinephelus

Spesies : Epinephelus tauvina

 
Hasil gambar untuk KERAPU

Ikan Kerapu adalah jenis ikan laut yang memiliki cukup banyak penggemar. Ikan ini sebetulnya memiliki banyak jenis. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang Kerapu secara keseluruhan, tanpa memikirkan perbedaan jenisnya. Karena kepopulerannya, ikan Kerapu mulai dibudidayakan oleh para petani ikan. Namun konon dibutuhkan teknik yang cukup sulit untuk membudidayakan ikan ini. Karena Kerapu memang harus memiliki penangkaran yang persis dengan kondisi habitat aslinya di laut. Dua zat yang harus terkandung di perairan tambak kerapu adalah Amonia dan Nitrit.
 

Manfaat dan Khasiat Ikan Kerapu

 Ikan Kerapu disinyalir memiliki kandungan asam lemak yang amat kompleks. Sehingga menjadikannya berkhasiat sekali untuk kesehatan.  Berdasarkan banyak penelitian ditemukan fakta bahwa ikan ini mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang amat bagus untuk tubuh. Kandungan DHA dan EPA memiliki manfaat untuk menstabilkan emosi, sehingga kesehatan mental terjaga. Selain itu, ikan ini dianggap dapat melejitkan harapan hidup manusia juga karena kesehatan manusia terjamin, maka umur manusia akan lebih panjang.

Ikan Kerapu secara keseluruhan sangat menunjang peningkatan kinerja otak. Makan Ikan Kerapu akan memicu meningkatkan Nitrit Okside Sintase, sebuah mediator neurotranmisi ke otak. Sehingga syarat-syaraf otak dapat bekerja dengan aktif, namun tetap rileks. Manfaat Ikan Kerapu masih banyak lagi, seperti yang akan kami paparkan berikut ini:
 

7 Manfaat dan Khasiat Ikan Kerapu untuk Kesehatan


1. Lemak Ikan Kerapu dapat Meningkatkan Fungsi Otak Hingga Maksimal Sehingga Kecerdasan Meningkat


Asam Amino Esensial dari Omega 3 dan Omega 6 bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas syaraf otak sehingga otak mengalami peningkatan kecerdasan. Konon semakin banyak kerutan di otak dan semakin besar massa dari otak, maka manusia akan semakin cerdas. Dan inilah fungsi dari Kerapu, dapat memberikan impuls atau rangsangan agar otak teraliri energi sehingga lebih aktif mengembangkan dirinya. Ikan Kerapu sangat bagus dimakan oleh segala usia, terutama balita dan lansia, agar daya ingat mereka terjaga dan meningkat. Kinerja otak dalam proses berpikir, bergerak, dan segalanya benar-benar akan naik. Tak ada salahnya makan kerapu.
 

2. Kombinasi DHA+EPA Berperan dalam Menurunkan Kadar Trigliserida dalam Darah


DHA dan EPA adalah dua zat ajaib yang amat dibutuhkan manusia. Zat ini memiliki manfaat yang kompleks banyaknya. Salah satunya adalah menurunkan kadar Trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah lemak yang diproduksi tubuh karena adanya akumulasi glukosa dalam aliran darah. Sehingga lemak ini menempel di dinding pembuluh darah bila sampai berlebihan. Trigliserida juga dapat membuat seseorang menjadi bugar bila jumlahnya normal.
 

3. Khasiat Ikan Kerapu Menghindarkan dari Resiko Penyakit Kardiovaskuler


Penyakit Kardiovaskuler adalah penyakit jantung. Siapapun dapat mengalami gangguan jantung ini. Yang paling umum dari gangguan ini adalah serangan jantung, jantung koroner, dan gangguan klep jantung. Dengan makan Ikan kerapu, anda akan terhindari dari resiko penyakit jantung ini karena ikan ini dapat membantu jantung agar mampu memompa darah dengan lancar tanpa hambatan.
 

4. Manfaat Ikan Kerapu Mengurangi Resiko Keracunan Pada Pasien Pasca Operasi


Pasien pasca operasi maksudnya adalah pasien yang baru saja mendapatkan operasi besar yang memerlukan pembedahan besar sehingga tubuh harus dibius. Pasien yang habis melakukan operasi rentan mengalami keracunan karena tubuhnya kan habis dibedah. Luka pada jahitannya juga rencan mengalami infeksi bila tidak dirawat dengan baik. Dengan makan Ikan Kerapu, luka bekas operasi bisa cepat sembuh.
 

5. Manfaat Ikan Kerapu Mengurangi Kadar Kolesterol (Lemak Jahat LDL)


Khasiat Ikan Kerapu ternyata juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Lemak jahat LDL bakalan diberantas habis dengan aneka macam lemak tak jenuh yang terkandung dalam daging kerapu. Anda yang memiliki penyakit kolesterol, jangan pernah takut makan ikan ini, karena benar-benar aman. Tinggal anda bijaksana saja dalan memakannya jangan berebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Hasil gambar untuk KERAPU
 

6. Mengurangi Derita Sakit Depresi


Depresi adalah penyakit mental yang sangat menyakitkan karena membuat tubuh mengalami rasa sakit akibat psikosomatis. Depresi membuat hidup seseorang jadi tidak produktif lagi. Maka dari itu, diperlukan obat depresi yang ampuh demi meningkatkan kualitas hidup. Manfaat Ikan Kerapu ternyata bisa digunakan untuk mengobati depresi.
 

7. Mengurangi Rasa Nyeri Karena Angina Pectoris


Angina Pectoris adalah penyakit yang menyerang dada. Di mana organ dada mengalami rasa nyeri seperti tertusuk benda tajam dan tertimpa benda berat. Angina disebabkan karena gangguan organ dada seperti jantung dan paru-paru. Namun Angina juga bisa disebabkan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan yang dikenal sebagai penyakit GERD. Ikan Kerapu dapat mengurangi nyeri karena Angina.
 

Bahaya ikan kerapu bagi ibu hamil


Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari pada biasanya, karena itu menjaga  dan mengontrol asupan makanan sangat penting bagi ibu hamil karena dapat berdampak bagi janin yang sedang di kandung. Para dokter kandungan melarang keras bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan kerapu karena ikan ini mengandung merkuri yang tinggi. Karena merkuri dapat menghambat perkembangan sistem saraf pusat pada janin dan menganggu saraf motoric janin.
 

Untuk mencukupi protein dan asam lemak tak jenuh ibu hamil dapat mengonsumsi jenis ikan lain untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi ibu hamil dan janin. Masih banyak jenis ikan yang mengandung merkuri rendah dan baik untuk di konsumsi ibu hamil.
 

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar